Lima Jembatan Menuju Rogdok Terendam Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh

Lima Jembatan Menuju Rogdok Terendam Banjir Aktivitas Warga Lumpuh Seorang ibu dan anaknya melintasi jembatan menuju Dusun Rogdok Desa Madobag, Siberut Selatan yang terendam banjir, Minggu (3/5/2020). (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

PURO-Hujan yang mengguyur Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak Sabtu (2/5/2020) membuat lima jembatan menuju Dusun Rogdok Desa Madobag terendam banjir, Minggu (3/5/2020). Bahkan di jalan setapak menuju dusun yang berada di pinggir Sungai Rereiket itu, banjir mencapai leher orang dewasa.

Salah seorang warga Madobag, Dianus (20) mengatakan, akibat hujan dan meluapnya Sungai Rereiket, menyebabkan jembatan terendam air dan tak bisa dilewati kendaraan roda dua. Warga yang hendak menuju kampung di hulu Siberut Selatan tersebut terpaksa berenang.

"Banjir yang menggenangi sejumlah jembatan dan pemukiman warga di Madobag membuat aktivitas warga lumpuh, sejumlah hewan ternak warga seperti ayam harus diungsikan ke tempat tinggi,” katanya kepada Mentawaikita.com, Minggu (3/5/2020).

"Tidak hanya jalan dan jembatan saja yang terkena banjir, namun kali ini tanaman masyarakat seperti pisang,keladi dan kelapa serta ternak ikut hanyut karena besarnya arus dari hulu sungai, memang kalau kita lihat banjirnya sekarang besar, belum tahu lagi malam sebab hujan masih turun," kata Dianus.

Dari pantauan Mentawaikita.com juga banjir mulai masuk di daerah Desa Muntei dan Puro Desa Muara Siberut sebab air dari hulu mulai turun ke muara sungai. 

BACA JUGA