Warga Pulitcoman yang Diusir dari Kampungnya Akhirnya Dipulangkan

Warga Pulitcoman yang Diusir dari Kampungnya Akhirnya Dipulangkan Lokasi tempat penampungan warga Pulitcoman Kecamatan Siberut Barat di TPI Tuapeijat, Sipora Utara, Mentawai. (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Mentawai memulangkan warga pengungsi korban konflik sosial dari Pulitcoman menggunakan KM. Bakkat Menuang pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIB dan tiba di Labuan Bajau (Lobajau),  pada Sabtu,  (25/4/2020) sekira pukul 08.00 WIB.

"Proses pemulangan mereka berjalan dengan baik dan lancar," kata Iptu Umar Yani, Kapolsek Sikabaluan yang ikut mengawal pemulangan dari Tuapeijat hingga Labuan Bajau pada Mentawaikita.com, Sabtu (25/4/2020).

Lebihlanjut dikatakan Kapolsek Sikabaluan, kondisi masyarakat Labuan Bajau dan warga yang dipulangkan tidak ada perlawanan dan konflik.  "Warga yang dipulangkan tersebut disambut oleh pemerintah desa dan dusun," katanya.

Dikatakan Iptu Umar Yani, bila nantinya dalam perkembangan ada gesekan sosial dan konflik, pihak pemerintah desa dan dusun secepatnya menghubungi pihak penegak hukum baik kepolisian maupun TNI untuk turun langsung ke lapangan.

"Kita sudah pesankan pada kepala desa dan kepala dusun untuk segera melapor karena setelah dipulangkan tidak ada pengamanan dari pihak kepolisian maupun TNI," katanya.

https://mentawaikita.com/baca/3628/nasib-puluhan-warga-pulitcoman-yang-diusir-karena-tudingan-isu-santet

Pemulangan warga Pulitcoman korban konflik sosial tersebut dikatakan Iptu Umar Yani berdasarkan pemberitahuan Kepala Desa Sigapokna kepada Bupati Mentawai tertanggal 20 April 2020 dengan Nomor 42/PEM/DS-SGP/IV-2020 dimana masyarakat Pulitcoman dan Lobajau bersedia menerima pemulangan Tarianus Salamanang bersama keluarga ke Labuan Bajau. Adapun Punen Paabanan (perdamaian) akan dilakukan setelah Covid-19 berakhir.

Berdasarkan data dari yang diperoleh, pemulangan warga Pulitcoman korban konflik sosial dari Tuapeijat dikawal oleh Kapolsek Sikabaluan bersama dua orang anggota polsek, dua orang dari Polres Mentawai, dari Kesbangpolmas dan Dinas Sosial dan Perlindungan anak. Warga yang dipulangkan sebanyak 27 orang yang terdiri dari kepala keluarga, istri dan anak. 

BACA JUGA