Dua Minggu Lebih Siswa Belajar dari Rumah, Guru Pantau Tugas Melalui Kunjungan Langsung

Dua Minggu Lebih Siswa Belajar dari Rumah Guru Pantau Tugas Melalui Kunjungan Langsung Anisah, salah seorang siswa kelas V SD 01 Sikakap sedang belajar di rumah saat pandemi Coronavirus. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Semua pelajar di Kepulauan Mentawai sudah melaksanakan belajar dari rumah sejak Jumat (20/3/2020) lalu sesuai edaran Bupati Mentawai Nomor :420/158/BUP untuk memutus penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di daerah kepulauan itu.

Bagaimana para siswa di Mentawai belajar dari rumah?

Salah seorang murid kelas V SDN 01 Sikakap, Anisah Pridayati Fauziah, tetap melakukan kegiatan di hari sekolah seperti biasanya. Mandi pagi dan usai sarapan, Anisah mulai belajar tiap pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, dilanjutkan ls pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Untuk kegiatan belajar di rumah biasa dimulai pukul 09.00 WIB, belajar di rumah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di sekolah," kata Anisah, Rabu (8/4/2020).

Lebih dua minggu tidak belajar di sekolah, Anisah mengaku rindu suasana sekolah dan bertemu teman-temannya. “Kalau ibu guru selalu memantau kegiatan anak-anak, mereka datang ke rumah didampingi kepala sekolah,” katanya.

"Waktu kunjungan Ibu Rika, wali kelas dan ibu Selviana, kepala sekolah ke rumah kemaren, Anisah tidak di rumah karena sedang di tempat yang ada sinyal internet mencari tugas sekolah yang diberikan, harapan Anisah supaya masalah wabah corona ini cepat selesai dan kami bisa sekolah seperti biasanya," katanya.

Fathur Rozi, guru dan wali kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sikakap mengatakan, jumlah siswa kelas 3 MIN Sikakap sebanyak 11 orang, karena ada instruksi Bupati Mentawai agar kegiatan belajar dari rumah, siswa diberikan tugas di rumah seperti menghapal surat-surat pendek yang ada di Al-Qur'an, tapi kegiatan belajar siswa tetap kita pantau terus paling tidak sekali seminggu," katanya.

Sementara Amri Salimin, Kepala MIN Sikakap mengatakan, meski siswa belajar dari rumah, kantor kepala sekolah tetap buka sesuai hari sekolah. ‘Siapa tahu ada guru-guru MIN atau wali murid datang untuk mengurus sesuatu yang berkaitan dengan sekolah, siswa MIN Sikakap sekarang ini berjumlah 120 orang termasuk siswa MIN yang ada di Dusun Tubeket, Desa Makaloyang merupakan filial MIN Sikakap," katanya.

BACA JUGA