Gugus Tugas Covid-19 Mentawai Sidak Harga Bahan Pokok di Sikakap

Gugus Tugas Covid19 Mentawai Sidak Harga Bahan Pokok di Sikakap Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Mentawai sedang memeriksa harga bahan pokok di Pasar Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid 19 Kabupaten Kepulauan Mentawai memeriksa harga barang pokok di Pasar Sikakap.

"Hasil survei harga gula pasir menggalami kenaikan dari Rp16 ribu per kilogram naik menjadi Rp18 ribu per kilogram, sementara harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil seperti beras medium Rp110 ribu perkarung isi 10 kilogram," kata Lazarus, Staf Perindakop Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (28/3/2020) 

Lazarus menyebutkan, yang perlu diawasi bersama-sama pedagang nakal yang mengambil kesempatan dalam keadaan seperti ini, pedagang yang menaikan harga dan menimbun bahan pokok dan menjualnya waktu stok habis dengan harga tinggi. "Untuk itu kami minta kepada pedagang jangan coba-coba menaikkan harga bahan pokok, misalnya harga gula pasir Rp18 ribu perkilogram karena stok gula pasir di Desa Sikakap kurang langsung dinaikkan langsung menjadi Rp25 ribu perkilogram, nanti akan kita buat harga bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Mentawai,” katanya.

Virman, pedagang sembako Desa Sikakap mengatakan kalau masalah harga bahan pokok  itu tergantung harga di Padang ditambah ongkos transportasi dan buruh, kalau di Padang harga bahan pokok naik terpaksa harga di Desa Sikakap dinaikkan. "Sejak Covid-19 ada penjualan sekarang berkurang, sebab banyak warga dari luar Desa Sikakap tidak berani keluar," katanya.

Kapolsek Sikakap Iptu Hendri, dari Polsek Sikakap dan TNI selalu memantau harga bahan di pedagang Desa Sikakap. "Kami mengimbau kepada warga Desa Sikakap kalau ada pedagang yang melakukan penimbunan bahan pokok supaya dapat melaporkan ke Polsek Sikakap maka akan kita tindak dengan tegas," katanya.


BACA JUGA