ODP Covid-19 di Mentawai Bertambah Lagi Jadi 15 Orang

ODP Covid19 di Mentawai Bertambah Lagi Jadi 15 Orang Ilustrasi

TUAPEIJAT- Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kepulauan Mentawai pada Sabtu, (28/3/2020) bertambah lagi menjadi 15 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus juru bicara perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19) di Mentawai, Lahmuddin Siregar menjelaskan, penambahan ODP tersebut karena yang bersangkutan baru pulang dari Jakarta yang merupakan daerah terjangkit  dan mengalami batuk serta demam.

"Ada penambahan 1 orang ODP di Desa Sipora Jaya, semula empat orang kini menjadi lima orang," kata Lahmuddin pada Sabtu, (28/3/2020).

Sebaran ODP tersebut yakni Sipora Jaya lima orang, Desa Tuapeijat delapan orang, di Desa Muara Siberut satu orang dan di Desa Sikakap ada satu orang yang diketahui seorang balita.

Jumlah tersebut kata Lahmuddin dominan karena pelaku perjalanan di daerah luar Sumatera Barat atau daerah terjangkit Covid-19, ada satu lagi karena kontak erat resiko rendah di daerah terjangkit. ODP tersebut setelah melakukan perjalanan dilaporkan mengalami gejala demam, batuk sehingga terhadap orang tersebut dimasukkan dalam ODP selama 14 hari.

Data pelaku perjalanan dari daerah terjangkit saat ini ada sebanyak 311 orang, sementara saat ini Mentawai tidak ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Lahmuddin tetap mengingatkan masyarakat bila mengalami sakit seperti demam, batuk, nyeri tenggorokan segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Ayo jaga kesehatan, cuci tangan pakai sabun, lakukan pembatasan jarak, dan melakukan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

BACA JUGA