Cegah Penyebaran Corona, Tim Muspika Sikakap Semprot Fasilitas Umum dengan Cairan Disinfektan

Cegah Penyebaran Corona Tim Muspika Sikakap Semprot Fasilitas Umum dengan Cairan Disinfektan Tim Muspika Sikakap menyemprotkan cairan disinfektan pada fasilitas umum (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP—Tim Muspika Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai menyemprot seluruh fasilitas umum yang ada di daerah itu dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease-19 atau Covid-19 pada Kamis (26/3/2020). 

"Kegiatan penyemprotan cair disinfektan  salah satu upaya kita dalam mengantisipasi penyebaran Covid 19, kegiatan ini dilakukan secara swadaya, dimana terlaksanakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari warga Desa Sikakap dan Tim Gabungan Kecamatan Sikakap," kata Camat Sikakap Fransiskus Sakeletuk kepada MentawaiKita.com pada hari yang sama.

Tim yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan Sikakap, Pemerintah Desa Sikakap, Polsek Sikakap, Koramil Sikakap, Kamla Sikakap, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sikakap, Damkar Sikakap, Satpol PP Sikakap, Puskesmas Sikakap, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Sikakap melakukan penyemprotan mulai dari rumah ibadah, sekolah, asrama dan kantor-kantor di kecamatan itu.

Fransiskus Sakeletuk menyebutkan tangki semprot merupakan sumbangan dari pemerintah desa Sikakap, Camat Sikakap, Puskesmas Sikakap. Dari sumbangan itu kemudian dibeli enam unit tangki semprot.

Petugas penyemprotan terdiri dari anggota damkar Kecamatan Sikakap dan TNI. Alat yang masih terbatas menyebabkan prioritas penyemprotan baru dilakukan pada sarana umum. 

Kepala Desa Sikakap, San Andi Iklas, mengatakan berkat kerjasama semua pihak akhirnya kegiatan penyemprotan cair disinfektan hari ini terlaksana.

"Kita dari Pemerintah Desa Sikakap sangat mendukung sekali kegiatan ini apa lagi ini sudah menjadi berita internasional, mari kita patuhi instruksi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, demi memutus rantai penularan Covid 19," katanya.

Sementara itu Erika Napitupulu, bagian Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Sikakap, mengatakan untuk penyemprotan hari ini sebanyak 175 liter cairan disinfektan yang disediakan. 

“Setelah penyemprotan hari ini akan dilakukan kembali koordinasi bersama tim,” katanya.


BACA JUGA