ODP Covid-19 Mentawai Jadi 14 Orang, Sebaran Terbanyak di Ibu Kabupaten

ODP Covid19 Mentawai Jadi 14 Orang Sebaran Terbanyak di Ibu Kabupaten Penumpang yang baru turun kapal Mentawai Fast di Pelabuhan Tuapeijat Mentawai mencuci tangan dengan sabun yang disediakan Pemda Mentawai. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- Angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kepulauan Mentawai khusus di Tuapeijat, Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai bertambah menjadi 8 orang dari data yang diterima sebelumnya 6 orang pada Rabu, (25/3/2020).

Sementara jumlah total ODP di Kepulauan Mentawai berdasarkan dana Dinas Kesehatan Mentawai Kamis (26/3/2020) menjadi 14 orang. Angka sebaran ODP ada terus bertambah khusus di Tuapeijat, sebagai pusat Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai dari beberapa desa lain yang terdata.

Data terbaru Kamis pagi, (26/3/2020) yang diterima Mentawaikita.com, ODP terbaru tersebar di beberapa desa yakni Tuapeijat ada 8 orang, Sipora Jaya ada 4 orang, Muara Siberut 1 orang dan di Sikakap 1 orang.

“Ada penambahan ODP sebanyak 2 orang dari Tuapeijat, data per 25 Maret 2020,” kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus juru bicara perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19)

Angka 14 yang masuk dalam ODP tersebut merupakan pelaku perjalanan yang kemudian mengalami gejala, demam, batuk setelah tiba di Mentawai dan kemudian melakukan isolasi mandiri dan akan dipantau selama 14 hari oleh petugas medis untuk melihat perkembangan kesehatannya.

Steffanie Ribkha Euodia, Kepala Puskesmas Mapaddegat, yang juga salah satu tim dari gugus tugas menjelaskan, untuk memastikan orang yang masuk dalam pemantauan tersebut sudah melakukan isolasi mandiri atau tidak keluar rumah ada petugas medis yang dikhususkan memantau perkembangan kesehatan.

“Untuk memastikan mereka sudah isolasi mandiri dan tidak keluar rumah dalam kurun waktu tertentu, ada petugas kita khusus mengetahui perkembangan kesehatannya melalui telepon, jadi untuk menjaga jarak juga tidak diharuskan ketemu,” kata Steffanie Rabu, (25/3/2020).

BACA JUGA