Perangi Penularan Covid-19, Mentawai Kekurangan Alat Ukur Suhu Tubuh

Perangi Penularan Covid19 Mentawai Kekurangan Alat Ukur Suhu Tubuh Seorang penumpang yang baru turun dari kapal cepat Mentawai Fast di Pelabuhan Tuapeijat, Mentawai diukur suhu tubuhnya. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- Dinas Kesehatan Mentawai masih kekurangan alat ukur suhu tubuh (thermo gun) yang digunakan untuk mengecek suhu tubuh setiap penumpang kapal yang tiba di Mentawai. Pengukuran suhu tubuh dilakukan di tengah upaya pencegahan Coronavirus Disease-19 (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar menjelaskan pihak dinas bukan tidak mampu membeli tetapi karena ada kelangkaan dari toko. “Jadi kita sudah pernah pesan di Jakarta sampai sekarang barangnya belum tersedia, karena banyak yang membeli sehingga barang ini juga langka,” katanya pada Rabu, (25/3/2020).

Saat ini pihaknya masih terus berupaya mendapatkan alat ukur suhu tubuh tersebut untuk digunakan di berapa tempat yang dirasa perlu termasuk di pintu masuk kantor Bupati, Polres, Kodim, setiap pelabuhan RSUD, Puskesmas dan tempat lainnya yang menjadi prioritas.

“Kalau saat ini kita sangat kekurangan, hanya ada satu thermo gun yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh di pelabuhan, idealnya itu paling tidak yang kita gunakan itu adalah 4 buah sehingga prosesnya cepat,”kata Lahmuddin.

Dengan adanya alat ukur suhu tubuh yang cukup, bisa membantu mempercepat pendeteksian, dan ini bisa dilakukan di setiap kantor-kantor atau tempat umum seperti rumah sakit, pelabuhan masuk kapal.

Namun yang lebih penting kata Lahmuddin adalah masyarakat membiasakan diri melakukan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

BACA JUGA