Seorang WNA Lolos Masuk Mentawai Saat Larangan Kunjungan Wisata Karena Covid-19

Seorang WNA Lolos Masuk Mentawai Saat Larangan Kunjungan Wisata Karena Covid19 Seorang petugas menyemprot kapal cepat MV Mentawai Fast setibanya di Pelabuhan Tuapeijat, Mentawai dari Padang dengan cairan disinfektan

TUAPEIJAT- Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Australia lolos masuk ke Mentawai melalui kapal Mentawai Fast Padang-Tuapeijat pada Rabu, (25/3/2020). Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease-19 (Covid-19) Mentawai menyarankan kepada WNA tersebut membatalkan kunjungan ke Mentawai.

Hal itu dilakukan tim terkait adanya surat Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang meminta kepala Kantor Syahbandar Otoritas Teluk Bayur soal penundaan kunjungan wisatawan ke Mentawai sejak Jumat (20/3/2020).

Tim gugus tugas Mentawai juga mengaku kaget dengan kedatangan seorang WNA melalui kapal Mentawai Fast hari. “Kita juga tidak tahu bagaimana dia bisa lolos di pintu di Padang,” kata Letkol Laut Anis Munandar, Danlanal Mentawai juga yang tergabung dalam tim gugus tugas.

Tim gugus tugas Mentawai meminta WNA tersebut untuk sementara tidak melakukan kunjungan ke Mentawai dan menyarankan balik lagi ke Padang.

Sementara Grant, WNA yang terlanjur datang tersebut kepada Mentawaikita.com menyatakan alasan kedatangannya ke Mentawai karena ingin berkunjung dan berkeliling ke Mentawai. Dia juga mengaku memiliki properti di Aloita (kawasan wisata surfing di Mentawai) dan sudah tinggal 3 tahun di Mentawai.

Dia terlihat bingung, ketika tim gugus tugas memintanya kembali ke Padang, karena jika dia kembali ke negara asalnya Australia tidak bisa lagi karena sudah status lockdown.

Untuk di Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini sudah menutup sementara kunjungan wisatawan asing, hal ini dilakukan mengantisipasi masuknya virus di Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA