Wabah Corona, Tim Gabungan Periksa Suhu Tubuh Penumpang Kapal Antar Pulau 

Wabah Corona Tim Gabungan Periksa Suhu Tubuh Penumpang Kapal Antar Pulau  Petugas gabungan mendata dan memeriksa suhu tubuh penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Tim gabungan Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mengukur suhu tubuh dan data kedatangan penumpang KM Pulau Simasin yang baru berlabuh di Pelabuhan Sikakap, kapal tersebut dari Tuapeijat  berlabuh sekira pukul 17.00 WIB, Selasa, (24/3/2020).

“Kegiatan ini merupakan antisipasi penyebaran dan penularan  Covid-19. Untuk itu kepada seluruh petugas agar dapat mempergunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung dan tangan, sebelum melakukan pemeriksaan kepada penumpang,"kata Iptu Hendri, Kapolsek Sikakap.

Iptu Hendri menyebutkan, tim medis merupakan gardu terdepan dalam hal memberikan pelayanan dan pengobatan. "Kita sebagai manusia yang bisa dilakukan berusaha supaya virus corona tidak sampai ke Mentawai dan wabahnya cepat hilang sehingga kita bisa tenang kembali dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” terangnya.

Kapolsek meminta jangan panik, ikuti semua yang sudah di intruksikan oleh pemerintah, agar dapat dapat mengisolasi diri sendiri dirumah selama 14 hari. “Jaga jarak paling tidak satu meter kalau mengadakan pembicaraan, jaga kesehatan dengan cara sering mencuci tangan, jauh keramaian, kalau tidak perlu jangan keluar rumah kecuali untuk beli kebutuhan pokok dan pergi berobat,"katanya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sikakap Antoni Martin mengatakan, tujuan dari mendata penumpang yang datang ke Sikakap adalah supaya mengetahui dari mana asal orang yang masuk tersebut, selain melakukan pendataan juga melakukan pengukuran suhu badan penumpang tersebut, termasuk Anak Buah Kapal (ABK).

"Dari sekian banyak penumpang antar pulau yang datang dari Tuapejat ke Desa Sikakap ada satu orang yang datang dari Jogjakarta, orang tersebut kita anjurkan untuk istirahat di rumah selama 14 hari," katanya.

Tim gabungan yang melaksanakan kegiatan tersebut terdiri dari Pemerintah Kecamatan Sikakap, Polsek Sikakap, Danramil Sikakap, Kamla Sikakap, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sikakap, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Sikakap dan Puskesmas Sikakap.


BACA JUGA