Air Pamsimas Puro Hanya Sebulan Mengalir

Air Pamsimas Puro Hanya Sebulan Mengalir Plang proyek Pamsimas Puro tahun 2018 (Foto : Hendrikus/MentawaiKita.com)

PURO—Fasiltitas air dari Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Dusun Puro, Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai hanya sebulan mengalir sejak dibangun pada 2018 lalu. Kini pasilitas air minum masyarakat tersebut tak mengalir lagi.

Kepala Dusun Puro 1, Jakobus, mengatakan air tidak mengalir disebabkan pipa air banyak yang tersumbar ditambah letak pipa yang lebih tinggi dari pada sumber air. Sehingga daya dorong air berkurang.

"Saat ini air pamsimas khususnya di Puro tak lagi digunakan oleh masyarakat sebab air tidak lagi mengalir ke rumah warga, rusaknya air belum pasti apa namun memang kualitas dan bangunan yang dikerjakan kurang bagus dan kurang tepat, sehingga air tidak mengalir dengan baik," kata Jakobus kepada Mentawaikita.com, Senin (23/3/2020).

Air yang digunakan untuk minum saat ini hanya air hujan dan beberapa sumur gali namun kondisinya kurang bagus. Di Puro khususnya di tepi sungai air sumurnya kurang bagus.

"Kami tidak tahu lagi bagaimana air di Puro bisa kami nikmati kembali dan saat musim kemarau warga tak kesulitan lagi mencari air minum dan kebutuhan lainya," ujarnya.

Matias (25), salah seorang warga Puro, menyebutkan air pamsimas di Puro sudah lama tak digunakan warga  padahal sebelumnya mereka sangat berharap fasilitas air itu menjadi sumber air. Menurutnya pembangungan pamsimas tersebut hanya sekadar proyek.

"Dipuro ini memang setiap pembangunan tidak ada yang serius dan bagus, padahal yang mengerjakannya bukan orang lain namun pemilik daerah sendiri namun kenyataan pembangunan kita sendiri yang merusak, dan yang mengalami kerugian masyarakat banyak, untuk apa uang miliaran kalau hasil pembangunan tidak ada manfaatnya," katanya.


BACA JUGA