Besok, Sekolah di Sikakap Belajar di rumah

Besok Sekolah di Sikakap Belajar di rumah SMPN 1 Pagai Utara Selatan siap meliburkan sekolah mulai Sabtu, 21 Maret-2 April. (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP-Mulai besok, Sabtu (21/3) sekolah yang ada di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai meliputi TK/PAUD, SD dan SMP belajar di rumah masing-masing. Pelaksanaan belajar di rumah sesuai Instruksi Bupati Kepulauan Mentawai Nomor 420/158/BUP tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar di rumah bagi Siswa SMP, SD, TK/PAUD di Wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam rangka pencegahan penyebaran Coronavirus Disease-19 (COVID-19). 

Berdasarkan instruksi tersebut mulai 21 Maret Semua sekolah di Kecamatan Sikakap mulai belajar di rumah sampai 2 April dan masuk sekolah 3 April.

"Sesuai dengan instruksi, sekarang Jumat (20/3/2020) terakhir masuk sekolah bagi siswa SDN 01 Sikakap, siswa tetap belajar dengan cara wali kelas memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah," kata Kepala SDN 01 Sikakap, Selviana Evi Vitriani kepada MentawaiKita.com, Jumat (20/3/2020).

Ia menyebutkan sesuai dengan instruksi tersebut  belajar di rumah dimulai 20 Maret sampai 2 April, masuk sekolah mulai 3 April.

"Harapan kami selama belajar di rumah siswa jangan berkeliaran di luar rumah hal ini untuk mengantisipasi penularan Covid-19, bahkan sesuai instruksi Bupati Kabupaten Kepulauan bagi siswa yang keluar rumah akan diawasi oleh Satpol-PP," ujarnya.

Sementara itu SMPN 1 Pagai Utara Selatan terpaksa harus menunda ujian praktik bagi siswa kelas IX yang direncanakan 23-27 Maret diundur menjadi 13-16 April.

"Sesuai instruksi Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai mulai 20 Maret sampai 2 April semua siswa belajar di rumah termasuk siswa kelas IX yang akan melaksanakan ujian praktik, dimana ujian praktik direncanakan 23-27 Maret diundur 13-16 April sesuai kesepakatan bersama hasil rapat majelis guru," kata Rina Julianti, Kepala SMPN 1 Pagai Utara Selatan.

Rina Julianti, menyebutkan, siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan masuk sekolah lagi 3 April, sementara Ujian Nasional dimulai 6-9 April.

"Belajar di rumah untuk antisipasi penyebaran Covid 19 yang sekarang ini sudah menjadi masalah internasional bukan masalah nasional lagi, siswa yang belajar di rumah akan tetap di pantau oleh pihak sekolah," katanya.

Suharda, pengawas sekolah SD/SMP Kecamatan Sikakap, mengatakan sebagai instruksi dari pemerintah daerah  pihaknya tinggal menjalankan. 

"Libur sekolah jangan disalahartikan siswa tetap belajar di rumah dan tetap dipantau oleh pihak sekolah," katanya.

Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sikakap, Salbator Sakoikoi, menyebutkan kebijakan yang diambil oleh Bupati Kabupaten Kepulauan untuk merumahkan seluruh siswa mulai dari PAUD/TK, SD, dan SMP sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

"Tidak ada istilah libur, siswa tetap belajar di rumah, hal ini untuk menghindari pertemuan masal sebab sekolah salah satu tempat bertemunya orang banyak, harapan kami kepada guru jangan pergi ke Padang absen tetap akan diambil di sekolah," katanya. 


BACA JUGA