Cegah Corona Masuk Mentawai, Suhu Tubuh Penumpang dari Padang Diperiksa

Cegah Corona Masuk Mentawai Suhu Tubuh Penumpang dari Padang Diperiksa Petugas medis Puskesmas Sikabaluan memeriksa suhu tubuh penumpang kapal dari Padang (Foto : Bambang/MentawaiKita.com)

SIKABALUAN-Untuk mencegah masuknya virus corona di Mentawai khususnya di wilayah kerja Puskesmas Sikabaluan, setiap jadwal kapal masuk seperti Mv.Mentawai Fast pihak Puskesmas Sikabaluan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, TNI-Polri melakukan pengecekan suhu badan penumpang yang tiba dari Padang.

"Tujuan kita untuk melihat apakah ada penumpang dari Padang yang demam atau tidak," kata dr. Hendra Manurung, salah seorang dokter yang melakukan pengecekaan suhu tubuh penumpang pada Mentawaikita.com, Kamis,19 Maret 2020.

Hendra mengatakan bila ada penumpang yang mengalami demam bagi masyarakat Sikabaluan maka dianjurkan untuk istirahat di rumah selama 14 hari untuk melihat perkembangan kesehatan. Selama beristirahat di rumah, pihak keluarga melaporkan perkembangan keadaan.

"Bila memburuk maka kita akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dirujuk langsung ke Padang karena pasien yang ada indikasi terinfeksi corona tidak bisa diisolasi atau dirawat di puskesmas," katanya.

Pihak puskesmas mengharapkan agar penumpang yang datang dari Padang menggunakan Mv. Mentawai Fast mestinya diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk pelabuhan Muara Padang agar terdeteksi calon penumpang yang demam atau calon penumpang yang terindikasi terinfeksi virus corona untuk diperiksa lebih lanjut di rumah sakit yang punya alat dan kewenangan menangani kasus virus corona.

"Kuncinya ada di pelabuhan Muara Padang. Bagi yang sedang demam mestinya dilarang dan dikarantina langsung agar virusnya tidak terbawa ke Mentawai", katanya.

Jadwal Mv.Mentawai Fast masuk pelabuhan Pokai yaitu setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Pihak petugas kesehatan dari Puskesmas Sikabaluan akan bersiaga untuk melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan melakukan cuci tangan sebelum meninggalkan pelabuhan.


BACA JUGA