Bupati Menilai Sekolah di Mentawai Belum Perlu Diliburkan

Bupati Menilai Sekolah di Mentawai Belum Perlu Diliburkan Siswa SMKN 3 Mentawai, Kecamatan Sikakap mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus corona (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

PADANG—Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dalam surat edaran nomor 443.2/156/ BUP tertanggal 18 Maret 2020 menilai sekolah di Mentawai belum perlu diliburkan sebab tingkat penyebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini masih rendah karena belum ada anggota masyarakat yang terjangkit virus Corona.

Kepada satuan pendidikan, Bupati meminta pelaksanaan proses belajar mengajar tetap mengacu pada surat edaran Menteri Pendidikan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19. 

Meski sekolah belum diliburkan, Bupati meminta sekolah tetap melaksanakan tindakan pencegahan dengan mengedukasi setiap siswa untuk selalu menjaga kebersihan dengan mewajibkan siswa untuk cuci tangan sebelum memulai proses belajar mengajar pada pagi hari, saat istirahat dan pulang sekolah.

Sekolah diminta menyediakan media air mengalir seperti galon air dan air keran dan deterjen serta sabun cuci tangan terutama di wilayah pusat ibu kota kecamatan.

Satuan pendidikan diminta segera melaporkan kepada gugus tugas atau tempat pelayanan kesehatan terdekat bila menemukan tenaga pengajar atau siswa yang mengalami gejala sakit flu, demam, batuk, radang tenggorokan atau gangguan kesehatan lainnya.

Meniadakan sementara waktu kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan di luar sekolah yang berpotensi terjadinya kontak fisik dengan banyak orang.

Untuk informasi perkembangan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Mentawai, Bupati Mentawai menunjuk dua orang juru bicara yakni Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmudin Siregar untuk informasi perkembangan penanganan pencegahan dan konfirmasi kasus terjangkit dengan nomor hanphone atau whatsapp 081374528586. Kemudian Serieli BW, Kabag Humas Mentawai untuk informasi terkait dengan kebijakan yang dilakukan Pemerintah Daerah Dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan nomor handphone atau whatsapp 081374954774.


BACA JUGA