Ini Penyebab Listrik Sering Padam di Ibu Kota Mentawai 

Ini Penyebab Listrik Sering Padam di Ibu Kota Mentawai  Tiang listrik nyaris tumbang di daerah Matobe, Sipora Selatan akibat tertimpah pohon pada Januari 2020 lalu. (Foto: Patris)

TUAPEIJAT- Sering terjadinya pemadaman listrik di daerah Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak akhir Januari 2020 lalu pihak PLN Tuapeijat menjelaskan hal tersebut disebabkan banyaknya gangguan daun pepohonan di beberapa titik pada jaringan listrik dari Sipora Utara hingga di Sipora Selatan.

Apalagi pada Januari 2020 kerap terjadi cuaca buruk seperti angin kencang, sehingga banyak pohon-pohon yang tumbang dan mengganggu jaringan listrik dan memerlukan perbaikan jaringan, tak hanya itu, masih banyak daun pepohonan yang mengganggu jaringan listrik yang berada di Tuapeijat.

“Tadi malam (27/2) ada gangguan jalur kilometer empat sampai kilometer 13 disebabkan gangguan daun pepohonan, kenapa berulang karena di sistem kita di Tuapeijat umumnya penormalannya membutuhkan waktu 15-30 menit, jadi ketika terjadi gangguan, listrik akan secara otomatis mati sendiri oleh proteksi kita,” kata Rafi Fernandes, Manajer ULP PLN Tuapeijat, pada Jumat, (28/2/2020).

Terkait dengan pemberitahuan pemadaman kata Rafi tidak bisa disampaikan kalau sistem yang bekerja ketika secara mendadak terjadi gangguan misalnya pada kabel yang tertimpah pohon. “Namun ketika direncanakan akan dilakukan perbaikan jaringan, pasti selalu disampaikan surat pemberitahuan, terlebih dahulu,” kata Rafi.

Saat ini pihak PLN Tuapeijat, masih menelusuri jaringan yang berpotensi mengganggu jaringan seperti daun pepohonan yang dekat dengan jaringan listrik. “Kalau sekarang kita sedang melakukan penelusuran, kita melakukukan pengecekan pada tiang-tiang yang berpotensi gangguan pohon, dan tidak semua masyarakat yang ada pohon ingin ditebang atau dipangkas yang dekat dengan jaringan PLN, ini juga kita minta pengertiannya dan kerjasamanya dengan masyarakat,” kata Rafi. 


BACA JUGA