Tak Ada Internet, Simulasi UNBK SMA 1 Pagai Utara Secara Luring

Tak Ada Internet Simulasi UNBK SMA 1 Pagai Utara Secara Luring Siswa SMAN 1 Pagai Utara mengikuti simulasi UNBK (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

PAGAI UTARA—SMAN 1 Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai terpaksa melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanpa internet atau luar jaringan (luring) sebab jaringan internet di sekolah tersebut telah diputus. Ujian digelar selama dua hari yakni 24-25 Februari.

Proktor UNBK SMAN 1 Pagai Utara, Aditya, mengatakan, soal ujian pada simulasi UNBK diunduh dari internet kemudian dikerjakan peserta ujian yang berjumlah 48 orang secara luring.

Jawaban siswa nanti, kata Aditya, akan dikirim dalam jaringan (daring) melalui internet ke Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat.

“Jawaban siswa akan dikirim secara online ke Disdik Provinsi Sumatera Barat melalui internet, karena internet di sekolah tidak ada kemungkinan saya akan langsung ke Padang untuk mengirim jawaban simulasi UNBK Siswa," kata Aditya kepada MentawaiKita.com, Selasa (25/2/2020).

Aditya mengatakan meski tanpa internet simulasi ujian berjalan lancar. Sekolah, kata dia, telah meminta PLN di Desa Saumanganya untuk mengoperasikan listrik pada pukul 14.09 WIB agar komputer ujian bisa digunakan.

Ujian pada hari pertama berupa pelajaran Bahasa Inggris dan hari kedua mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran pilihan jurusan IPA yakni Fisika, Kimia dan Biologi, sementara jurusan IPS yakni geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko, menyebutkan simulasi ini untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi UNBK yang akan digelar Maret nanti.

"SMAN 1 Pagai Utara akan melaksanakan UNBK sementara sampai sekarang internet sekolah belum ada untuk itu kami dari pihak sekolah berharap agar Disdik Provinsi Sumbar memberikan solusi,” katanya.


BACA JUGA