Kegagalan Internet dan Komunikasi Hantui UNBK di SMKN 3 Mentawai

Kegagalan Internet dan Komunikasi Hantui UNBK di SMKN 3 Mentawai Siswa SMKN 3 Mentawai mengikuti simulasi UNBK 2020 (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

PANATARAT-SMKN 3 Mentawai, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 selama 3 hari mulai 17-19 Februari.

Simulasi tersebut bertujuan mempersiapkan siswa menghadapi UNBK  yang digelar pada Maret nanti.

Selama tiga hari simulasi, Irja Pratama, proktor UNBK yang juga guru SMKN 3 Mentawai, menyebutkan UNBK dilakukan secara luring sebab jaringan internet sekolah tidak ada. Sementara materi ujian simulasi didapat dengan cara mengunduh di internet yang ada di Sikakap kemudian diunggah ke dalam komputer sekolah.

Selain itu, Irja Pratama, mengatakan persoalan yang timbul adalah kesulitan berkomunikasi dengan operator UNBK di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

“Kendalanya sulit berkomunikasi dengan pihak operator Dinas Pendidikan (Disdik ) Provinsi Sumatera Barat karena tidak ada jaringan telepon di sekitar sekolah ini,” kata Irja Pratama kepada MentawaiKita.com, Senin (17/2/2020).

Tahun ini peserta UNBK di SMKN 3 Mentawai sebanyak 60 siswa yang akan menggunakan 30 unit komputer. UNBK sendiri digelar pada 23-26 Maret 2020. 

Lisnawaty Simamora, teknisi UNBK di sekolah itu, mengatakan antisipasi kendala pada saat UNBK dengan cara menambah server menjadi 2 unit sebab yang dimiliki sekolah hanya 1 unit.

“Mudah -mudahan ada satu lagi untuk cadangan karena untuk mengunduh materi soal ujian nasional menumpang di wi-fi di Sikakap jaraknya sekira 6 km, bukan saja mengunduh juga menelepon harus  tempuh 6 km, harapan kita tidak ada kendala nantinya pada hari pelaksanaan,” ujarnya.

Joel Saleleubaja, salah satu siswa SMKN 3 Mentawai jurusan Teknik Listrik kelas XII, mengatakan simulasi penggunaan  komputer sudah dipahaminya.

“Mulai paham dan nantinya pada saat ujian saya tidak bingung lagi juga teman -teman lainnya mudah-mudahan sukses dan lulus semua,” katanya.

Kepala SMKN 3 Mentawai, Ekinaldi, menyebutkan sekolahnya baru 2 kali menggelar ujian nasional. Pada UN pertama tahun lalu masih memakai sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan tahun ini UNBK sistem daring.

“Ya memang kondisi jaringan telekomunikasi internet dan telepon belum ada di sekitar sekolah itu salah satu kendala, tapi kita tetap exis untuk gelar UNBK dan kekurangan  atau yang di butuhkan nantinya dipersiapkan seperti cadangan server dan juga antisipasi PLN ada gangguan, mesin genset sekolah harus baik dan nyala,” katanya. 


BACA JUGA