20 Keluarga Bakat Monga Mendapat Bantuan Rp15 Juta Untuk Bangun Rumah 

20 Keluarga Bakat Monga Mendapat Bantuan Rp15 Juta Untuk Bangun Rumah  Kepala Dusun Bakat Monga Portius Samaloisa lagi di depan rumah baru yang dibangun dari dana rehab rumah bantuan Dinas PUPR Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Sebanyak 20 Keluarga di Dusun Bakat Monga, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan bantuan rehab rumah dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2019, senilai Rp15 juta untuk membuat rumah baru dari dinding dan lantainya dari kayu.

"Kalau masalah ukuran rumah tidak sama tergantung sipemilik rumah, 20 unit rumah tersebut sudah selesai dikerjakan dan bahkan sudah ada yang menempati rumah tersebut,"kata Kepala Dusun Bakat kepada Mentawaikita.com, Kamis (13/2/2020). 

Jarak pembangunan rumah tersebut sekitar 100 meter dari kampung lama, rumah yang dibangun itu berupa rumah panggung berlantai kayu dan berdinding kayu dan seng berwarna. "Dari 28 Kepala Keluarga (KK), baru 20 KK yang mendapatkan bantuan rehab rumah, sementara 8 KK lagi belum, informasinya tahun 2020 ada kembali dana rehab rumah di Kabupaten Kepulauan Mentawai kita akan coba usulkan kembali 8 KK yang belum mendapatkan bantuan rebah rumah," terangnya.

Beben (34), warga yang mendapatkan bantuan rehab rumah mengatakan, bantuan yang diterima itu berupa barang material, sebelum dilaksanakan pekerjaan rehab rumah terlebih dulu dimusyawarahkan bentuk rumah yang akan dibuat, termasuk masalah cara kerja. Pekerjaan langsung diserahkan kepada pemilik rumah yang mendapat bantuan dana rehab rumah.

"Dengan adanya dana rehab rumah kami sangat terbantu sekali, walaupun dananya hanya Rp15 juta tapi kami buktikan kami bisa mempergunakan dana tersebut semaksimal mungkin buktinya rencana awal hanya untuk rehab rumah tapi kami bisa membuat rumah baru yang lebih layak,” katanya.


BACA JUGA