Jalan Raya Taikako Berlobang, Berbahaya untuk Pengendara

Jalan Raya Taikako Berlobang Berbahaya untuk Pengendara Pengendara sepeda motor melewati jalan raya Muara Taikako, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Jalan raya Muara Taikako, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai sepanjang 2.130 meter yang dibeton pada tahun 2012, kondisi sekarang ini sudah  berlobang 

Setiap pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melewati jalan tersebut merasakan seperti gelombang di laut. "Tiap hari saya lewati jalan tersebut kalau ingin ke Desa Sikakap, maupun ke kantor Desa Taikako, harus hati-hati dan mengurangi kecepatan sepeda motor, kalau tidak hati-hati maka lubang di jalan bisa bikin sakit perut," kata Nicer Renaldi (43) warga Dusun Silaoinan, Desa Taikako, kepada Mentawaikita.com, Selasa (11/2/2020).

Nicer menambakan, jalan raya Muara Taikako merupakan satu-satunya jalan yang menghubungi Desa Silabu dan Desa Betumonga Kecamatan Pagai Utara. Akibat rusaknya badan jalan setiap bulan terpaksa harus ganti laher roda motor.

"Kami warga yang sering melewati jalan raya Muara Taikako, berharap sekali kepada pemerintah agar secepatnya memperbaiki jalan ini supaya kami bisa menikmati jalan yang lebih bagus lagi,"katanya.

Pj Kepala Desa Taikako Juber mengatakan, sudah beberapa kali Musrenbang  Kecamatan Sikakap jalan raya Muara Taikako selalu menjadi prioritas usulan tapi sampai sekarang belum juga terealisasi, termasuk Musrenbang Kecamatan Sikakap yang diadakan Selasa (4/2/2020), waktu Musrenbang tersebut langsung dihadiri oleh wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake.

Badan jalan yang berlobang setelah hujan selalu digenangi air hujan, kalau dilihat sekarang permukaan jalan raya Muara Taikako semuanya sudah berlobang. Pemerintah Desa Taikako meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai agar secepatnya memperbaiki jalan raya Muara Taikako yang dibangun sekitar tahun 2012, sebab jalan merupakan penggerak ekonami masyarakat. 

“Kalau jalan bagus ekonomi masyarakat secara tidak langsung akan meningkat, bagusnya jalan tentu pembeli pisang akan lancar masuk ke Desa Taikako, sedangkan jalan rusak saja pembeli pisang dan durian rutin paling tidak satu kali dalam seminggu apalagi kalau jalan bagus bisa lebih," katanya.

BACA JUGA