Isu Manusia Bertopeng di Siberut Hanya Hoaks 

Isu Manusia Bertopeng di Siberut Hanya Hoaks  ilustrasi

MAILEPPET-Adanya isu topeng yang beredar dan mengancam anak anak di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai membuat pemerintah desa setempat siagakan Linmas untuk mengadakan ronda tiap malam di dusun.

Sekretaris Desa Maileppet Benediktus mengatakan, isu adanya topeng yang mengancam anak-anak, pemerintah desa akan mengaktifkan kembali ronda malam kepada Linmas di setiap dusun dalam desa Maileppet.

"Setiap malam linmas akan mengadakan ronda malam di dusun sampai pagi dimana setiap tamu yang tidak dikenal wajib untuk melapor dan Linmas wajib pertanyakan keberadaan mereka karena mengantipasi adanya topeng atau Isis, apa lagi di desa Maileppet pintu utama para pengunjung dan kita wajib untuk mengontrol, dan tetap waspada," kata Benediktus kepada Mentawaikita.com, Senin (10/2/2020).

Ada beberapa isu sudah beredar di masyarakat bahwa topeng ini ada beberapa modus untuk menangkap korbanya yakni, ada bentuk ibu hamil dan menawarkan makanan kepada anak-anak, dan juga bentuk lainnya. “Mereka ini mengincar anak-anak kecil dan mereka beraksi ketika orang tua tidak berada di rumah atau sedang bekerja di sekitar rumah, dan anak sedang tidur dari situ mereka akan beraksi,” katanya.

Kepala Desa Maileppet Niman Sitiur, juga mengakui dengan adanya isu topeng dengan masyarakat saat ini sedang waspada, karena mendengar dibeberapa tempat sudah ada yang ditangkap. “Namun masih isu dan berharap tidak ada kejadian,” katanya.

Kapolsek siberut selatan Iptu Edi Surya menegaskan, terkait dengan isu topeng itu hoaks di Mentawai tidak ada seperti itu, sebenarnya sebelumnya sudah disampaikan kepada pemerintah desa, di masjid, maupun di gereja bawah jangan terpengaruh dengan isu. 

“Kalau ada topeng itu sudah kita halang dipelabuhan Maileppet ini tidak ada. Kami menghimbau kepada masyarakat jangan terpengaruh dengan isu yang tidak jelas, saya berharap tidak ada isu itu di Siberut agar masyarakat tidak kwatir," kata Edi.


BACA JUGA