Kecamatan Pagai Selatan Usulkan 16 Kegiatan Prioritas Dalam Musrenbang 2021

Kecamatan Pagai Selatan Usulkan 16 Kegiatan Prioritas Dalam Musrenbang 2021 Musrenbang Tingkat Kecamatan Pagai Selatan di aula Desa Bulasat. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

BAKE-Kecamatan Pagai Selatan usulkan 16 skala prioritas kegiatan 2021 dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di aula Desa Bulasat  Kamis, (6/2/2020).

Desa Malakopa yang sebelumnya usulkan 27 kegiatan, Desa Bulasat 30 kegiatan, Desa Sinaka dan Desa  Makalo masing-masing mengusulkan 34 kegiatan. Tapi berbagai pertimbangan banyaknya jumlah usulan dari empat desa tersebut dikurangi.

Wakil Bupati Kortanius Sabeleake hadir pada saat itu menyarankan kepada Camat Pagai Selatan Rahmat Jaya dan empat kepala desa agar dirangking usulan dengan skala prioritas, menimbang anggaran daerah tidak cukup, sehingga  dari 125 usulan menjadi 16 usulan  di Desa Malakopa empatusulan berupa pembangunan jalan Malakopa menuju simpang Sabbiret sepanjang 13 kilometer, pemasangan jaringan PLN sebanyak 919 rumah terdiri dari 17 dusun, pembangunan dermaga permanen Malakopa, pengadaan mesin  pompa air bersih di Malakopa.

Desa Bulasat usulkan empat kegiatan, pembangunan jembatan besi sungai Bahar Soumang di Dusun Limu panjang 27 meter lebar enam meter, jembatan besi sungai Bulasat di Dusun Bulasat panjang 28 meter lebar enam meter, pembangunan jembatan sungai Tattanen Dusun Limu panjang 30 meter lebar enam meter dan pembangunan jembatan permanen sungai Golo Dusun Limu panjang 30 meter lebar enam meter.

Desa Makalo usulkan empat kegiatan pembangunan jembatan besi sungai Tubeket panjang 23 meter lebar 2,5 meter,peningkatan jembatan sungai Bere panjang 22 meter lebar tiga meter, tower telekomunikasi kapasitas 4 G di Dusun Makalo dan peningkatan jalan Makalo menuju Kilometer 14 .

Desa Sinaka usulkan empat kegiatan yakni, pembangunan dermaga Permanen Mentawai Selatan Boriai, pembangunan jembatan Silaoinan di Dusun Matobat, pembanguan jembatan sungai Matobat dan tower telekomunikasi di Dusun Mangka Baga.

Musrenbang Kecamatan Pagai Selatan di buka langsung oleh Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake di hadiri tiga anggota DPRD Mentawai Isar Taileleu, Nelsen Sakerebau dan Yohannes Pardede dan perangkat OPD Mentawai.

"Kehadiran kami pada Musrenbang di tingkat Kecamatan Pagai Selatan adalah untuk memastikan apakah usulan tersebut benar-benar dari masyarakat yang telah di rangkum pada Musyawarah Desa (Musdes) setelah Musrenbang tingkat Kecamatan ini nantinya akan diadakan di Tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi dan ini,” katanya.


BACA JUGA