Desa Muara Sikabaluan Terdapat 10 Kasus Stunting

Desa Muara Sikabaluan Terdapat 10 Kasus Stunting Pustu di Dusun Puran. Salah satu daerah kasus stunting. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN -Kasus stunting (pertumbuhan badan yang lambat/tidak sesuai dengan usia) di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai berdasarkan rilis Puskesmas Sikabaluan terdapat 10 kasus yang tersebar di tiga dusun dari lima dusun yang ada di Desa Muara Sikabaluam. Diantaranya empat kasus di Dusun Muara, tiga kasus di Dusun Nangnang dan tiga kasus di Dusun Puran. 

"Di Desa Muara Sikabaluan terdapat 10 kasus dan ini menjadi pekerjaan kita bersama dalam menangani dan memberantas kasus ini apalagi soal stunting ini menjadi isu nasional,” kata Marojahan Sitorus kepala Puskesmas Sikabaluan, (4/2/2020).

Dikatakan M Sitorus, beberapa faktor penyebab terjadi kasus stunting ini karena lingkungan yang tidak sehat dan ketersediaan air bersih yang tidak ada terutama untuk ibu hamil. "Perlu digerakkan lagi kegiatan gotong royong bersama untuk kebersihan lingkungan. Kalau kita lihat di pusat kecamatan ini got itu sudah penuh sampah plastik", katanya. 

Untuk memberantas persoalan sampah yang mencemari lingkungan, kepala Desa Muara Sikabaluan memberikan tindakan tegas bagi oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan. 

"Tidak lagi bisa dengan himbauan. Perlu ada penegasan dan sanksi karena sebagai pusat kecamatan harus menjadi contoh bagi desa lainnya,” katanya. 

Persoalan air bersih dikatakan Sitorus menjadi sangat penting bagi masyarakat apalagi di Sikabaluan yang sangat kesulitan air bersih. "Jamban yang layak dan sehat wajib ada disetiap rumah. Tidak membuang kotoran sembarang karena ini salah satu penyebab tidak sehatnya masyarakat,” katanya. 

Untuk ketersediaan air bersih di Sikabaluan, dikatakan Kepala Desa Muara Sikabaluan Aprijon menjadi persoalan yang klasik karena tidak adanya sumber air bersih yang layak dan baik dikonsumsi dan dipergunakan masyarakat. 

"Kita sudah mencoba bekerjasama dengan pemerintah Desa Malancan untuk mengusulkan pembangunam jaringan air bersih yang ada di air terjun Sirilanggai. Kemaren kendalanya hibah lahan dan itu sudah ada dan sudah kita sampaikan permohonan pembangunannya. Kita berharap dapat terealisasi dengan cepat,” katanya.


BACA JUGA