1.998 Pelamar Akan Ikuti Seleksi CPNS Mentawai 19 Februari

1998 Pelamar Akan Ikuti Seleksi CPNS Mentawai 19 Februari Kondisi Ruang Ujian CPNS 2019/2020. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sudah siap untuk melaksanakan tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019/2020, pada 19-27 Februari 2020 di Sekretariat BKPSDM di Tuapeijat, Sipora Utara, Mentawai.

Kepala BKPSDM Mentawai Sermon Sakerebau mengatakan, pihaknya siap melaksanakan ujian seleksi CPNS, baik dari segi sarana dan prasarana sudah mulai dipersiapkan terutama komputer.

"Waktu kita tinggal dua minggu dan itu kita sudah siapkan tim dalam pelaksanaan kegiatan tes CPNS tahun 2019 dan 2020 ini," kata Sermon, Senin, (3/2/2020) saat ditemui di ruang kerjanya.

Di tempat yang sama, perwakilan bagian Admin Computer Assist Tes (CAT), Farida Mendrofa menyampaikan bahwa ujian CPNS tahun 2019 yang diselenggarakan tahun 2020 tidak jauh beda dengan penerimaan CPNS sebelumnya, untuk 27 Februari akan dilaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Untuk seleksi kompetensi dasar akan berlangsung 19 - 27 Februari 2020, kemudian peserta sudah berada di tempat ujian 60 menit atau satu jam sebelum ujian dimulai, karena peserta akan melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum masuk ujian, termasuk pembagian nomor peserta," kata Farida.

Sementara peserta yang ikut ujian SKD sebanyak 1.998 orang, dari jumlah sekian, pihak BKPSDM melakukan pembagian sesi sebanyak 40 sesi dimana dalam satu hari ada 5 sesi, sesi pertama sebanyak 50 peserta maka dalam satu hari ada 250 peserta.

Untuk hari Jumat akan dilakukan 4 sesi mengingat Salat Jumat, kemudian hari Minggu hanya 2 sesi saja dengan alasan umat Kristiani akan ibadah pagi, kemudian hari terakhir hanya empat sesi atau 200 peserta yang mengikuti.

Koordinator Sarana dan prasarana pelaksanaan ujian CPNS, Paterobas mengatakan sepanjang persiapan timnya tidak ada kendala hanya beberapa komputer yang rusak dan sudah diperbaiki, meski dalam kondisi perbaikan, pihaknya akan melakukan peminjaman komputer ke OPD lain yang bisa membantu.

"Secara teknis, kami dari tim sarana dan prasarana memastikan, H-3 sudah selesai semua, karena kita tidak mau saat pelaksanaan masih sibuk, itu semua sudah siap, kemungkinan juga tim dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)  H-3 itu akan ke sini melihat kesiapan kita, namun untuk saat ini kita ada kendala di PC, itu sudah kita cari solusinya agar bisa terpenuhi," katanya.

Tak hanya itu, keperluan lainnya juga akan dipersiapkan seperti tenda, kursi dan lain-lain akan disiapkan, termasuk komputer cadangan sebanyak 3 unit guna menjaga jika sewaktu-waktu PC yang digunakan peserta mengalami gangguan.

"Untuk jaringan sementara tidak ada gangguan, karena bulan lalu sudah diadakan simulasi, jadi ini kita gunakan lane, tapi itu nanti ada dibawa oleh BKN," kata Paterobas.

Selain itu pihak BKPSDM Mentawai akan menyurati Dinas Kominfo Mentawai mengenai penggunaan Internet agar lebih diutamakan saat ujian nanti, termasuk PT. PLN Persero Tuapeijat agar lampu tidak padam selama ujian CPNS, dari 19-27 Februari 2020.

 Ralat judul: sebelumnya tertulis ujian seleksi cpns tanggal 27 Februari, diralat tanggal 19 Februari 2020. Atas kekeliruan tersebut redaksi mohon maaf.

BACA JUGA