514 Keluarga di Pagai Utara Terima Dana PKH

514 Keluarga di Pagai Utara Terima Dana PKH Warga Pagai Utara yang akan mencairkan dana PKH (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

PAGAI UTARA—Sebanyak 514 kepala keluarga di Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai menerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Berdasarkan data PKH Pagai Utara penerima dana berasal dari Desa Silabu 117 kk, Desa Betu Mongga 100 kk, dan Desa Saumanganya 297 kk.

"Bagi penerima bantuan PKH sudah bisa mencairkan dananya di Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau melalui agen BRI Link yang ada di tempat masing-masing, besar dana PKH yang diterima tidak merata tergantung jumlah yang ditanggung," kata Gelpinus Tasilipet, Pendamping PKH Kecamatan Pagai Utara kepada MentawaiKita.com, Rabu (22/1/2020).

Gelpinus Tasilipet mengatakan pencairan dana PKH sebulan empat kali dengan jumlah yang berbeda yang dihitung besar tanggungan dalam keluarga.

Sementara jumlah dana total PKH setahun untuk tanggungan kategori anak SD Rp900 ribu, SMP Rp1,5 juta, SMA Rp2 juta, ibu hamil Rp3 juta, anak usia dini umur 0 sampai 6 tahun Rp3 juta, lansia Rp2,4 juta. 

"Harapan saya kepada penerima PKH pergunakanlah dana tersebut untuk kepentingan anak sekolah, untuk beli susu anak belita dan keperluan lainnya yang bermanfaat," ujarnya.

Imarkina (52), salah seorang penerima PKH, mengatakan dirinya hanya mendapat dana Rp250 ribu pada pencairan kali ini sebab tanggungannya hanya seorang anak yang duduk di jenjang pendidikan kelas V SD.

“Harapan kami kepada Kementerian Sosial supaya dana PKH ini diteruskan sebab walaupun sedikit yang saya terima tapi sangat bermanfaat sekali, bisa membantu untuk beli buku, baju sekolah dan keperluan sekolah anak lainnya,"katanya.

Sedangkan Jaspiati Samaloisa (40), penerima PKH lain, menyebutkan jumlah uang yang diterimanya pada tahap pertama sebanyak Rp1,3 juta dengan tanggungan sebanyak 4 orang anak yakni SMP 1 orang, SMA 1 orang dan SD 2 orang.

"Dengan telah dicairkan dana PKH bisa membantu untuk keperluan sekolah anak, semoga saja dana ini terus berlanjut," katanya.


BACA JUGA