37 Siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan Terima Beasiswa PIP

37 Siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan Terima Beasiswa PIP Siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan menerima beasiswa PIP (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

HAVEA-Sebanyak 37 siswa SMP Negeri 1 Pagai Utara Selatan (PUS), Kabupaten Kepulauan Mentawai menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) pada Sabtu (11/1/2020).

Kepala SMPN 1 PUS, Rina Julianti, mengatakan pencairan dana beasiswa tersebut melalui rekening di Bank Rakyat Indonesia cabang Sikakap.

Rina menyebutkan pembagian beasiswa kepada siswa harus didampingi oleh orang tuanya masing-masing untuk memastikan bahwa uang tersebut digunakan untuk kebutuhan pendidikan.

“Pengambilan Beasiswa harus ada orang tua atau walinya agar uang tersebut digunakan untuk kebutuhan sekolah besar uang masing -masing siswa terima Rp750 ribu,” katanya kepada MentawaiKita.com, Senin 913/1/2020).

Topik Norfida, Pegawai Tata usaha bidang kesiswaan SMPN 1 PUS, mengatakan tidak semua siswa di SMPN 1 PUS yang menerima beasiswa PIP sebab seleksinya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari 665 siswa yang terdaftar di sekolah itu hanya 37 orang yang menerima.

“Pihak sekolah tidak ada wewenang atau menentukan siapa siswa yang berhak  terima beasiswa, pihak sekolah hanya kirim Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik) sistem online 3-5 kali setahun ke Dirjend Kemendikbud, pihak sekolah menunggu saja data penerima PIP,” ujarnya.

Tahun lalu penerima beasiswa di sekolah ini sebanyak 46 siswa yang menerima jumlah uang yang sama.

Konstansia Gita Marlini, siswa kelas VIII yang menjadi penerima beasiswa, mengatakan dirinya baru menerima beasiswa PIP tahun ini.

“Uangnya saya gunakan untuk kebutuhan sekolah yang disetujui guru dan orang tua saya, mudah-mudahan tahun ini dapat beasiswa lagi,” ujarnya. 


BACA JUGA