Polres Mentawai Imbau Masyarakat Tak Beli Kendaraan Tanpa Surat Lengkap

Polres Mentawai Imbau Masyarakat Tak Beli Kendaraan Tanpa Surat Lengkap Kasat Binmas Polres Mentawai Iptu Mulyadi saat memberikan penyuluhan tentang kendaraan tanpa surat-surat. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT--Kepolisian Resor Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbau masyarakat agar tidak membeli kendaraan tanpa surat-surat lengkap terutama kendaraan roda dua.

"Tahun 2019 banyak pencurian kendaraan terutama roda dua, kendaraan dibawa ke daerah lain, salah satunya ke Kepulauan Mentawai," kata Kepala Satuan Bina Masyarakat, Polres Mentawai, Iptu Mulyadi saat ditanya usai memberikan sosialisasi ke OPD.

Ia menyampaikan surat kendaraan seperti Buku Panduan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan yang paling utama saat membeli motor atau kendaraan, jika salah satu surat tersebut tidak ada maka kendaraan bisa dikatakan hasil bodong atau curian.

"Apa legalitas sebuah kendaraan, yaitu STNK dan BPKB, kalau lebih jeli lagi kalau membeli kendaraan, cocokkan nomor mesin yang tertera di STNK atau BPKB, disitulah kita aman dalam berkendara, kendaraan kita jelas asal-usulnya, surat-suratnya jelas," jelas Iptu Mulyadi.

Tujuan imbauan ini, kata Mulyadi, agar masyarakat lebih berhati-hati, jangan sampai masyarakat jadi korban ketidaktahuan, serta tidak membeli kendaraan yang murah.

"Jangan tergiur harganya murah, dan ternyata kendaraannya bodong atau hasil curian," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, jika suatu saat dilakukan razia, dan kendaraannya tidak dilengkapi dokumen seperti surat-surat, maka pihak berwajib akan menahan kendaraannya,  sebab bisa dicurigai sebagai barang hasil curian.

Selain itu bisa pemilik kendaraan tersebut bisa kena pidana sebagai penadah barang tersebut, dan kendaraan akan menjadi barang bukti sebagai penadah. 

Mulyadi menyampaikan kepada masyarakat Mentawai tetap berhati-hati saat membeli kendaraan dimanapun.

BACA JUGA