Perpanjangan Tenaga Kontrak, 51 Guru Asal Sikakap Serahkan Persyaratan

Perpanjangan Tenaga Kontrak 51 Guru Asal Sikakap Serahkan Persyaratan Korwil Pendidikan Kecamatan Sikakap Salbator Sakoikoi (baju biru) dan pengawas Sekolah SD/SMP Kecamatan Sikakap Suharda sedang memeriksa berkas guru kontrak. (Foto: Supri/Mentawaikita.com

SIKAKAP--Sebanyak 51 tenaga kontrak khusus guru di Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai telah melengkapi persyaratan untuk memperpanjang tenaga kontrak tahun 2020.

"Sebanyak 51 guru kontrak di Kecamatan Sikakap sudah memasukkan bahan perpanjangan kontrak dan khusus untuk guru kontrak SMP sudah mengikuti seleksi wawancara yang kita adakan pada 27 Desember lalu bahkan nilainya sudah kita kirimkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Salbator Sakoikoi, Kepala Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kecamatan Sikakap, Selasa (7/1/2020).

Menurut Salbator, guru kontrak 51 orang tersebut terdiri dari guru kontrak SD sebanyak 33 orang, dan guru kontrak SMP sebanyak 18 orang, sementara jumlah sekolah dasar di Kecamatan Sikakap ada 12 SD, dan 3 SMPN.

"Masalah lulus atau tidaknya guru kontrak itu semuanya diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai, bisa jadi dari 51 orang guru kontrak ini ada yang tidak lulus, hal ini disebabkan karena kesalahan sendiri seperti tidak bisa dibina atau melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan moral seorang guru, seperti tidak disiplin dan lainnya," katanya.

Sejak dibukanya perpanjangan perjanjian kerja pegawai kontrak oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak 1 Desember 2019 sampai 6 Januari 2020, Puskesmas Sikakap sudah mengeluarkan 269 Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS), SKBS yang dikeluarkan Puskesmas Sikakap umumnya untuk perpanjangan tenaga kontrak di Dinas Pendidikan, Kantor Camat, Dinas Kesehatan dan sejumlah OPD lain yang ada Pagai Utara Selatan (PUS), ada juga untuk keperluan mencari kerja dan surat keterangan kelahiran.

"Terhitung 1 Desember 2019, sampai Senin 6 Januari 2020 puskesmas sikakap sudah menggeluarkan 269 SKBS ada yang untuk mencari kerja, ada untuk surat keterangan kelahiran, dan paling banyak untuk perpanjangan tenaga kontrak,"kata, Senin, 6 Januari.

Menurut Rika Afrilia, penanggung jawab SKBS Puskesmas Sikakap, biaya pengurusan SKBS  Rp5 ribu untuk pendaftaran dan Rp5 ribu untuk administrasi atau total seluruhnya Rp10 ribu.

Redius Samogilailai, guru kontrak SDN 26 Taikako mengatakan, salah satu syarat untuk perpanjangan SK kontrak adalah SKBS yang dikeluarkan puskesmas.

"Saya sudah menjadi tenaga kontrak sejak 2014, sesuai informasi khusus  guru, bahan untuk perpanjangan kontrak berakhir Senin (6/1/2020), bahan tersebut dikumpulkan di Kordinator Wilayah Dinas Pendidikan masing-masing, kalau untuk Kecamatan Sikakap dikumpulkan di Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sikakap, harapan saya mudah-mudahan tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat memperpanjang kontrak saya,"katanya.

BACA JUGA