Lima Desa di Mentawai Dapat Fasilitas Internet 4G

Lima Desa di Mentawai Dapat Fasilitas Internet 4G Tower BTS yang dibangun Dinas Kominfo Mentawai di Desa Betumonga Kecamatan Pagai Utara, Mentawai

MATOBE-Warga lima desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai kini bisa menikmati jaringan internet 4G awal tahun ini. Stasiun BTS di lima desa bantuan Dinas Komunikasi dan Informatika Mentawai. LIma desa itu, Desa Matobe di Kecamatan Sikakap dan Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara, Bojakan Siberut Utara dan Simalegi Siberut Barat dan Katurei Siberut Barat Daya.

Sofyan Sinaga, kepala teknisi pemasangan V.sat dan antena mengatakan, pemasangan antena dan V.sat di Matobe dan Betumonga BTS dikerjakan sejak 29 Desember sampai 5 Januari 2020 dengan empat teknisi di dua titik  BTS  tersebut. “Kini jaringan sudah aktif dan dapat menelepon dan internetan,” katanya di Sikakap, Minggu (5/1/2020).

Kapasitas jaringan internet 4G tersebut memiliki radius jangkauan jaringan hingga 3 kilometer. Di Betumonga jaringannya sudah aktif 100 persen, sementara di Matobe jaringannya masih lamban apalagi siang hari.

Selain di Matobe dan Betumonga, BTS di Bojakan dan Simalegi sudah aktif. “Sementara di Katurei tinggal menunggu pengaktifan jaringan, jika ada jadwal kapal rencananya 9 Januari ini ke sana,” kata Sofyan. 

"Tahun depan masih ada BTS yang dibangun tersebar di Mentawai tapi belum tahu dimana titiknya" ujarnya menambahkan.

Pances, warga  Seppungan Desa Matobe mengaku jaringan internet di dusunnya lumayan lancar meski mengaksesnya di lokasi rumah yang agak tinggi. “Jarak dari lokasi BTS di Matobe ke Seppungan 3 kilometer dan juga batas jaringan telekomunikasi dari BTS Matobe  di Mangau-ngau Desa Matobe juga mencari jaringannya masih di titik tertentu tapi masih kurang karena jaraknya sudah lebih 3 km sehingga kurang jaringannya,” katanya .

Meski demikian Pances bersyukur karena dirinya tak perlu jauh-jauh ke Desa Sikakap jika ingin mengakses jaringan internet.

BACA JUGA