PLTS Betumonga Hampir Setahun Tidak Menyala

PLTS Betumonga Hampir Setahun Tidak Menyala PLTS Betumonga Kecamatan Pagai Utara yang tidak hidup, (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

BETUMONGA-Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Betumonga Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah tidak menyala hampir setahun belakangan. Fasilitas PLTS itu bantuan Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2015.

Kepala Desa Betumonga Alamsyah membenarkan PLTS sudah tak menyala sejak Maret lalu, sementara petugas operasional yang merupakan warga setempat tak dapat memperbaiki gangguan perangkat PLTS tersebut. “Akhirnya terpaksa kita biarkan,” katanya Minggu (8/12/2019).

Karena PLTS tak lagi beroperasi, warga setempat kembali menggunakan genset untuk penerangan, ada juga pakai lampu minyak. "Saya pribadi menggunakan mesin genset untuk penerangan di rumah dengan bahan bakar solar yang habis 100 liter sebulan, atau sekitar Rp800 ribu, itu baru BBM saja, belum oli dan biaya perawatan rutin,” katanya.

Alamsyah pemerintah meninjau kembali PLTS di Betumonga dan memperbaikinya. Sementara seorang warga setempat, Parholongan Sinaga mengatakan PLTS selama ini menerangi 58 KK warga ditambah dua fasilitas umum gereja dan posyandu. Akibat taka da lagi penerangan kini warga harus gelap gulita di malam hari.

BACA JUGA