Pembangunan Sarana Wisata Kulukubuk Hampir Rampung

Pembangunan Sarana Wisata Kulukubuk Hampir Rampung Jalur pejalan kaki yang dibangun menuju kawasan air terjun Kulukubuk, Desa Madobag, Siberut Selatan, Mentawai. (Foto: Hendrikus Bentar/Mentawaikita.com)

MADOBAG-Pembangunan sarana wisata di kawasan air terjun Kulukubuk Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai hampir selesai. Proyek yang anggarannya berada di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai ini sudah 95 persen rampung.

Penanggung jawab proyek di lapangan, Simon Sapojai mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana wisata air terjun Kulukubuk Desa Madobag menghabiskan anggaran Rp4,023 miliar. Proyek yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini dikerjakan CV. Peipei Mandiri.

Sejumlah sarana yang dibangun menurut Simon, ruang ganti dan toilet, gazebo, panggung kesenian, plaza pusat jajanan, gapura, jalur pejalan kaki atau jalan setapak. "Semua sekarang tahap penyelesaian,” kata Simon pada 6 Desember lalu.

Fasilitas wisata ini ditargetkan rampung 12 Desember atau Kamis depan dan dapat segera difungsikan terutama saat liburan Natal dan tahun baru, akhir bulan ini

“Setelah pekerjaan rampung, Disparpora akan berdiskusi dengan Pemerintah Desa termasuk pemilik lahan terkait pengelolaan, jika sudah ada peraturan desa baru nanti dilakukan sistem tiket namun pembayaran kita belum tahu,” katanya.

Luas lahan yang dipakai untuk pembangunan sarana 1 hektar yang dihibahkan pemilik tanah. Namun menurut Simon, meski hibah, ada perjanjian yang berbunyi 50 persen yang bekerja didalamnya harus pemilik tanah, sedangkan 50 persen lagi tergantung pemerintah karena akan dibuka lowongan dibuka secara umum.

BACA JUGA