Tower Telekomunikasi Betumonga Menunggu Teknisi Pasang V-sat dan Antena

Tower Telekomunikasi Betumonga Menunggu Teknisi Pasang Vsat dan Antena Tower telekomunikasi di Betumonga Kecamatan Pagai Utara. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

BETUMONGA-Tower jaringan seluler setinggi 32 meter yang dibangun pada Oktober tahun ini di Betumonga, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tinggi menunggu teknisi memasang v-sat dan antena.

Parholongan Sinaga, Penanggung jawab lapangan mengatakan, bantuan tower telekomunikasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mentawai, tingginya 32 meter, mulai kerja pada Oktober telah selesai pada akhir November. “Tinggal menunggu teknisi untuk pasang V-sat dan antena lagi,” katanya Sabtu (7/12/2019).

Tower didirikan di lahan seluas 20 x 20 meter persegi berasal dari hibah milik dari Kepala Desa Betumonga Alamsyah, lokasi di dusun Betumonga Utara di samping  rumah ibadah GKPM. “Lokasi tower di pagar besi keliling dan lampu penggerak perangkat tower memakai panel  tenaga surya secara otomatis,” ungkapnya.

Sambung Parholongan, teknisi pemasangan v-sat dan antena yang di tunggu sekarang informasinya mereka datang pada Desember ini. “Mungkin masih memasang di daerah lain yang ada tower telekomunikasi seperti di pulau Siberut dan Sipora," terangnya.

Perangkat v-sat dan antena sudah ada di lokasi tinggal tunggu teknisinya lagi. “Mudah-mudahan Desember tahun ini terpasang dan jaringan aktif, jangkauan sinyal tower ini kapasitas radius 3.000 meter kapasitas 4G,” katanya.

Kepala Desa Betumonga Alamsyah menambahkan, mudah -mudahan jaringan telepon di Betumonga aktif sesuai dengan kapasitasnya, masyarakat sedang menunggu, selama ini masyarakat jauh untuk mendapat sinyal telepon tempuh  sekira 25 kilometer.

Jumlah kepala keluarga di Desa Betumonga khusus tiga dusun yakni Dusun Betumonga Utara, Timur dan Betumonga Barat sebanyak 200 kk dan 1.000 jiwa lebih. “Selain warga setempat pengguna jaringan selular wisatawan juga di lokasi surfing Siniai mungkin dapat sinyal,” terangnya. 


BACA JUGA