Tahun Ini 21 Titik Pamsimas Dibangun di Mentawai 

Tahun Ini 21 Titik Pamsimas Dibangun di Mentawai  Warga Bubuget Desa Sinaka Kecamatan Pagai Selatan mencoba membuka kran air bersih dari program Pamsimas 2019. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

SIKAKAP- Tahun ini sebanyak 21 titik Panyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas ) di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang terbagi kedalam dua bagian, 18 unit anggarannya bersumber dari APBN 2019 dan tiga unit bersumber dari APBD 2019 dan ditargetkan akan rampung Desember ini. 

Yoseriza, Kordinator Distrik Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim ) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan, tahun ini di Kepulauan Mentawai bangun 21 titik Pamsimas rencananya Desember ini telah dapat di manfaatkan masyarakat.

“Pamsimas yang bersumber dari APBN dibagun di Kecamatan Siberut Utara meliputi Bojakan dan Gorottai. Kecamatan Siberut Tengah di Aselat, Sitakmonga dan Maukuk. Sementara yang berumber dari APBD itu dibangun di Kecamatan Siberut Barat Daya,” terangnya, Sabtu (7/12/2019).

Kemudian lanjut Yoserizal di Kecamatan Siberut Selatan dibangun di Bekkeiluk dan Mangorut  sumbernya dari APBD sedangkan APBN di Kecamatan Sipora Selatan di Sagitci. 

Selain di Pulau Siberut dan  Sipora juga di Pulau Pagai ada sembilan titik yakni, tiga titik di Desa Sinaka Kecamatan Pagai Selatan  meliputi Bubuget bersumber dari APBD 2019 Mentawai,  sementara di Mangka Ulu dan Kosai Bagatsagai  bersumber dari APBN.

“Untuk Desa Saumanganyan Kecamatan Pagai Utara ada tiga titik di Mapinang Utara, Pinairuk dan Pututukat kemudian di Desa Sikakap Kecamatan Sikakap ada dua titik di Seaibaru dan Mabolak,”   katanya. 

Besar Anggaran pembangunan Pamsimas  di  21 titik bersumber dari APBN dan APBD berkisar Rp250 juta hingga Rp300 juta dan kemudian anggaran tambahan 10 persen dari APBdes tergantung besar anggaran.  “Tahun depan akan  di usulkan ke Kementrian PUPR sekira 10 titik tersebar di Kepulauan Mentawai,” ujarnya.

Di Kabupaten Kepulauan Mentawai pembangunan Pamsimas sejak 2014-2019 sudah sebanyak 74 titik .

Sofyadi Boge, Fasilitator Pamsimas Kecamatan Pagai Selatan menambahkan, Pamsimas di Bubuget, Mabolak Seai Baru telah 100 persen pembangunannya, kemudian di Mangka Ulu dan Kosai Baru, Mapinang Utara, Pinairuk dan Pututukat tahap penyelesaian. “Desember tahun ini rampung semua, air bersih sudah dapat manfaatkan masyarakat,” katanya.

Program Pamsimas selain Penyediaan air bersih dan sanitasi juga untuk menjaga lingkungan dengan pola hidup sehat. “Saya  imbau kepada masyarakat yang ada air  Pamsimas untuk buat jamban di rumah masing-masing  dan bersepakatlah untuk iuran Pamsimas,” ujarnya .

Desniar Saogo petugas Kesehatan di Polindes Mapinang Utara  desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara menyebutkan Pamsimas yang sedang di bangun saat ini  airnya sudah mulai mengalir di permukiman Dusun Mapinang Utara. “Sebanyak 79 rumah Huntap bantuan dari Pemerintah 2014 yang lalu  semua sudah ada jamban mudah-mudahan keberadaan Pamsimas masyarakat memanfaatkan untuk pola hidup yang  sehat,” tuturnya.


BACA JUGA