Fasilitas Lengkap, SMAN 1 Pagai Utara dan SMKN 2 Mentawai Siap UNBK

Fasilitas Lengkap SMAN 1 Pagai Utara dan SMKN 2 Mentawai Siap UNBK Genset dari Disdik Provinsi Sumbar untuk SMAN 1 Pagai Utara (Foto : dok.Nofik Afriko)

SAUMANGANYA—SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara dan SMKN 2 Kepulauan Mentawai, Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan sebab fasilitas yang dibutuhkan telah memadai.

Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko, mengatakan awalnya mereka ragu bisa melaksanakan UNBK sebab daya listrik di sekolah itu tidak memadai. Namun kekurangan itu telah tertutupi sebab Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat telah memberi bantuan 1 unit genset merek Morris MTS-8 berdaya 8 Kilo Volt Amper (KVA) atau 8000 Watt berbahan bakar solar.

“Datangnya mesin genset bantuan Disdik Provinsi Sumbar membuat kita (sekolah) semakin yakin dan optimis pelaksanaan UNBK di SMAN akan berjakan lancar dan  maksimal," kata Nofik Afriko, kepala SMAN 1 Pagai Utara kepada MentawaiKita.com, Selasa (3/12/2019).

Genset tersebut, kata Nofik Afriko, tiba di sekolahnya pada akhir bulan lalu dan telah digunakan siswa kelas XII untuk les komputer di sore hari.

Selain genset, fasilitas pendukung UNBK seperti komputer telah dimiliki sebanyak 40 unit dari bantuan Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Sumber dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing 20 unit. SMAN 1 Pagai Utara juga memiliki jaringan internet dan ruang laboratorium komputer 1 unit.

Jumlah siswa kelas XII SMAN 1 Pagai Utara yang akan mengikuti UNBK pada tahun depan sebanyak 48 siswa, terdiri dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 18 siswa dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 30 siswa. 48 siswa tersebut sudah didaftarkan untuk mengikuti UNBK tahun ajaran 2019/2020,

"Karena jumlah siswa lebih banyak dari jumlah peserta UNBK maka kita akan melaksanakan UNBK dua sif, sekarang ini yang dibutuhkan kerja sama orang tua agar 48 siswa yang sudah didaftarkan mengikuti UNBK tidak berhenti dijalan agar orang tua dan wali murid supaya lebih ekstra menjaga anak sepulang sekolah terutama sekali pergaulannya, melihat kesiapan siswa dalam mengikuti UNBK di bulan Februari 2020 pihak sekolah dan Disdik Provinsi Sumbar akan melaksanakan pra UNBK," ujarnya.

Selain SMAN 1 Pagai Utara, SMKN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kecamatan Siberut Selatan mengaku siap melaksanakan UNBK. 

Kepala SMKN 2 Kepulauan Mentawai, Amati Telambanua, mengatakan persiapan sarana pendukung UNBK telah dilakukan. Di sekolah terdapat 20 unit CPU  dan 10 unit laptop untuk menggelar UNBK. 

"30 unit komputer tersebut sudah ada di ruangan SMKN 2 dan persiapan lain yang dilakukan selain les sore juga memberi latihan memakai komputer, untuk jaringan internet rencana akan kami pakai di SMP Yos Sudarso, karena memang di SMKN 2 belum ada internetnya," kata Amati.

Amati menyebutkan pihaknya telah mengirimkan surat ke Disdik Provinsi Sumbar bahwa mereka siap menggelar UNBK dengan peserta 43 siswa.


BACA JUGA