Pemdes Sikakap Prioritaskan Bangun Aula Tahun Depan

Pemdes Sikakap Prioritaskan Bangun Aula Tahun Depan Kantor Desa Sikakap di Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Pemerintah Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai memprioritaskan pembangunan aula atau ruang pertemuan tahun depan. Pembangunan aula akan dibiayai dari dana desa tahun depan sebesar Rp400 juta.

"Aula pertemuan kantor Desa Sikakap yang ada sekarang hanya muat 60 orang, itupun sudah dalam keadaan bersempit-sempitan, sehingga peserta pertemuan yang menggunakan aula kantor Desa Sikakap tidak konsentrasi dalam mengikuti pertemuan, ditambah lagi aula pertemuan kantor Desa Sikakap panas, salah satu program prioritas dalam pembangunan fisik adalah membuat aula pertemuan dua tingkat, besar dana sekitar Rp400 juta, dana itu akan diambil dari ADD 2020," kata San Andi Iklas, Kepala Desa Sikakap, Rabu, 27 November 2019.

San Andi Iklas, menyebutkan aula pertemuan kantor Desa Sikakap yang akan dibuat di lokasi kantor Desa Sikakap, tempat pondok pertemuan Coremap Fase II dulu. Karena bangunan pondok pertemuan Coremap Fase II terbuat dari kayu sehingga kayunya banyak yang lapuk, agar tidak menelan korban jiwa akibat runtuhnya bangunan pondok pertemuan Coremap Fase II, sekitar bulan Agustus lalu pondok pertemuan Coremap Fase II dirobohkan.

Aula pertemuan kantor Desa Sikakap dibuat dua tingkat, tingkat pertama aula pertemuan yang akan menampung sekitar 120 orang, bangunannya permanen dari semen, sementara di lantai dua, bangunan dari kayu, hal ini tujuannya untuk mengurangi berat beban pada bangunan dasar. Lantai dua akan dibuat Kantor Karang Taruna, Kantor PKK, dan Kantor Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Dana Rp400 juta ini bisa jadi berlebih atau berkurang disesuaikan dengan kebutuhan nanti, yang pasti aula kantor Desa Sikakap yang dibuat itu tahan terhadap guncangan gempa," katanya.

BACA JUGA