Guru Kecamatan Sikakap Mermbuat 4K pada Hut PGRI

Guru Kecamatan Sikakap Mermbuat 4K pada Hut PGRI Upacara HUT PGRI ke-74 di Kecamatan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Memperigati hari ulang tahun (Hut) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan hari guru nasional, guru di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai membuat empat komitmen (4K).

Pimpinan upacara dalam HUT PGRI ke 74 di SDN 15 Sikakap Atoni Zalukhu mengatakan, tugas guru adalah tugas mulia, seorang guru merupakan ujung tombak dalam memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Seorang guru harus bisa 4 K, pertama kompetensi seorang guru harus bisa mendidik dan berkompetisi dengan pihak lain. Kedua kreatif, seorang guru harus berkreatif dalam mendidik, ketiga kolaboratif seorang guru harus bisa bekerjasama dalam mendidik, keempat komunikatif seorang guru itu harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan siswa dan orang tua, salah bicara saja seorang guru maka akan di ikuti orang siswa,” katanya, Senin (25/11/2019).

Kata Atoni, setiap tahun pendidikan akan terus berubah, agar pendidikan dapat berkembang sesuai dengan tuntutan jaman. “Untuk itu kita sebagai guru jangan malu bertanya, kalau malu bertanya maka jalan-jalanlah kita, kapasitas kita seorang guru itu sama tapi yang membuat kita kuat adalah kerja sama,"katanya.

Sedangkan Suharda pengawas SD Kecamatan Sikakap Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengatakan, guru bukan orang hebat tapi semua orang hebat lahir dari didikan dan bimbingan guru. “Sesuai motto pada HUT PGRI ke 74 di Kecamatan Sikakap guruku kuat dan bermartabat, muridku hebat dan berkarakter,” katanya.

Upacara HUT PGRI ke-74 di Kecamatan Sikakap diadakan di SDN 15 Sikakap dihadiri sekitar 100 orang guru SD yang ada di Kecamatan Sikakap.

BACA JUGA