Poskesdes Pinairuk  Belum Ditempati Petugas Kesehatan 

Poskesdes Pinairuk  Belum Ditempati Petugas Kesehatan  Plang pembangun Poskesdes Pinairuk. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

PINAIRUK-Poskesdes Pinairuk Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara Kabupaten, Kepulauan Mentawai yang dibangun tahun lalu belum ditempati oleh petugas kesehatan untuk pelayanan, petugas kesehatan sementara menumpang di rumah warga .

Renti Simanjuntak warga Pinairuk yang tinggal sebelah Poskedes mengatakan, Poskesdes yang dibangun tahun alu belum ditempati petugas kesehatan, untuk melayani pasien petugas kesehatan menumpang di rumah warga. “Pagi datang dan sore hari pulang ke rumahnya ke Pasapuat tidak menginap di Pinairuk,” katanya kepada Mentawaikita.com, Kamis (21/11/2019).

Menurut Renti, informasi dia peroleh Poskesdes tersebut belum selesai bagian ruangan sehingga tidak dipakai oleh petugas kesehatan. “Saya berharap kepada Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai untuk meninjau kembali tentang kondisi Poskesdes Pinairuk, petugas kesehatan butuh tempat tinggal dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” katanya.

Hermas Sagugurat warga setempat menambahkan, Poskesdes tersebut sudah berdinding dan  beratap seng kalau di dalam ruangan belum tahu pasti apa sudah selesai atau  belum. “Menurut yang saya tahu kontraktor proyek Poskesdes masih ada belum bayar upah pekerja pada saat pembangunan tahun yang lalu, jumlah pekerja yang belum bayar sekira 5 orang jumlah upah mereka belum terbayarkan, saya tidak tahu yang jelas mereka katakan bayar dulu upah kami baru Poskesdes tersebut dapat dipakai namun kontraktornya tidak nongol lagi ke Pinairuk, harapan pihak Pemerintah survei dulu ke lapangan apa penyebabnya Poskesdes tidak di pakai,” jelasnya.

Pantauan Mentawaikita.com, Poskesdes kondisinya terkunci dan plangkat proyek masih terpasang, pembangunan Poskesdes bersumber dari Dinas Kesehatan besar anggaran proyek Rp355 juta pelaksana Kerja CV. Bujai Mentawai yang di bangun 2018. 


BACA JUGA