58 Guru di Pagai Ikuti KMD Pramuka di Sikakap

58 Guru di Pagai Ikuti KMD Pramuka di Sikakap Ipda Yanuar (kiri) sedang memberikan materi dalam kegiatan KMD satu di aula Syahbandar Sikakap (dok. Ipda Yanuar)

SIKAKAP-Sebanyak 58 guru di Pagai Utara Selatan (PUS) mulai tingkat SD, SMP dan SMA  mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka angkatan pertama yang diadakan Kwartir Cabang 15 Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai di Aula Pelabuhan Syahbandar Sikakap, Minggu-Kamis, 17-21 November.

Kegiatan KMD dibuka langsung Jhoni Anwar, Ketua Harian Kwartir Cabang 15 Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai menyebutkan,"Sesuai aturan kurikulum 13 (K13) setiap sekolah wajib melakukan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, agar para guru memiliki dasar ilmu ke Pramuka, maka kita dari Kwartir Cabang 15 Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan kegiatan KMD pertama diadakan di Desa Sikakap diikuti 58 peserta terdiri dari guru, kepala sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA," katanya.

Jhoni Anwar mengatakan, kegiatan Pramuka akan membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik, dan dapat meningkatkan disiplin siswa dalam belajar.

Ipda Yanuar, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka 15 Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengatakan dalam kegiatan KMD Kwarcab 15 Mentawai melibatkan enam pelatih dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Barat.

Setiap peserta dibekali tentang ilmu kepramukaan seperti ilmu Dasar Kepramukaan  dimulai dari bagaimana memakai pakaian pramuka mulai dari letak lambang pramuka sampai memakai kacu pramuka, sejarah pramuka, tongkat dan tali-temali, serta pasukan baris berbaris (PBB), masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

"Melihat keseriusan peserta kita dari panitia merasa senang terbukti peserta dalam KMD satu mencapai 58 orang, kepada pembina yang sudah mendapatkan KMD dan ilmu kepramukaan hendaknya ilmu yang didapat itu agar segera ditransfer kepada anak didik, tanpa kerja sama sekolah kegiatan kepramukaan di Pagai Utara Selatan (PUS) tidak akan berjalan maksimal," katanya.

Emjun Frida, Kepala SDN 21 Makalo, salah seorang perserta KMD, mengatakan kegiatan KMD sangat bermanfaat sekali. “Dengan adanya kegiatan KMD ini sehingga kami dapat  mengetahui ilmu tentang kepramukaan, dalam kurikulum K13 sekolah wajib melakukan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, katanya.



 

BACA JUGA