Sebulan Menghilang Nenek Ditemukan Tinggal Tulang 

Sebulan Menghilang Nenek Ditemukan Tinggal Tulang  ilustrasi

POLAGA - Saulina Sakerebau (70) warga Polaga, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang hilang sejak (11/10) atau sebulan  yang lalu di temukan pada (19/11) di hutan sekira belasan kilometer dari permukiman Polaga oleh pencari manau warga Taikako dalam keadaan tak bernyawa.

Krisman Sakerebau (50) salah satu keluarga warga Polaga Desa Matobe menerangkan kronologis kejadian hilang tantenya pada bulan yang lalu dan di temukan pencari manau warga Taikako Selasa (19/11). “Pada  Sabtu (11/10) tante Saulina Sakerebau (70) sekira pukul 11.00 WIB pergi menunggu durian jatuh di kebunnya dengan jarak dari permukiman warga sekira 500 meter, dia membawa keranjang punggung (oorek) untuk buah durian,” terangnya, Rabu (20/11/2019).

Biasanya kata Krisman dia pulang  pukul 16.00 WIB dan membawa beberapa buah durian yang dapat dia angkut pulang untuk dijual. Namun pada hari itu tidak pulang-pulang akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk mencarinya. “Pada pukul 18.00 WIB kami keluarga mencari dan saling bertanya antara yang satu dengan yang lainnya, namun tidak ada berita pada saat itu Kepala Dusun Polaga Danti Sakerebau menghidupkan Toa untuk sirine dan pengumuman ada yang hilang,” ujarnya.

Kemudian warga semua mencari di tempat biasa dia pergi ke kebun durian, pencarian bersama di lakukan hingga pagi hari namun tidak ketemu. Paginya Minggu (12/10/2019) warga ibadah di gereja dan selesai ibadah warga kembali mencari hingga ke Butek Mone Desa Saumanganya sekira 5 kilometer dari permukiman namun tidak ditemukan.

Pencarian dilakukan selama seminggu namun tidak ditemukan dan akhirnya warga tidak mencari secara bersama. Tetapi keluarga dekat tetap mencari korban yang hilang. “Kemudian kami di datangi Kepala Dusun Taikako Hulu pagi tadi sekira pukul 08.00 WiB menyampaikan bahwa ada mayat yang sudah membusuk ditemukan pencari manau di hutan, lalu kami keluarga naik mobil Bumdes Matobe sekira pukul 10.00 WIB untuk menuju  hutan melintasi Desa Taikako jalan poros Minas jarak dari permukiman Polaga sekira 12 kilometer antara perbatasan hutan Desa Matobe dengan Taikako,” jelasnya.

Sesampai di lokasi mayat ditemukan sekira 50 meter dari jalan poros Minas, kondisinya sebagian tinggal tulang sudah membusuk, untuk mengenal mayat tersebut adalah Saulina dari pakaian yang dia pakai. “Melihat bajunya dia memakai baju kaus lengan panjang pakai celana panjang dan pakai rok, lalu pihak Kepolisian dan pihak kesehatan Puskesmas Sikakap mengangkat jenazah ke mobil ambulan dan membawa pulang ke Polaga sekira pukul 14.00 WIB dan di makamkan pada  pukul 16.00 WIB,” jelas Krisman.

Saulina Sakerebau seorang janda tua mempunyai enam anak dan 30 orang  cucu. "Walaupun tante sudah meninggal namun sudah ditemukan jenazahnya dan telah di makamkan,” tuturnya.

BACA JUGA