Tahun ini Pemasangan Jaringan PLN Disambung di Desa Matobe Sepanjang 4 KM 

Tahun ini Pemasangan Jaringan PLN Disambung di Desa Matobe Sepanjang 4 KM  Jaringan PLN sedang dipasang di Dusun Sarere-Polaga Desa Matobe, Kecamatan Sikakap. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

SARERE -Tahun ini pemasangan jaringan PLN sedang tahap pemasangan mulai dari  Dusun Sarere hingga Dusun Polaga, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai dengan tiang listrik sebanyak 242 batang, dengan jangkauan 12 dusun di wilayah Matobe.

Kepala Pelaksana Lapangan PT. Asrafi Jaya Teknik Ahmad Yani RM Damanik mengatakan, pemasangan jaringan PLN di Desa Matobe ada sepanjang 4  kilometer, menggunakan tiang sebanyak 142 untuk Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan  100 tiang untuk Jaringan Tegangan Rendah (JTR). “Pemasangan jaringan mengikuti jalan Trans Matobe-Saumanganya dan pemukiman warga,” katanya kepada Mentawaikita.com, Kamis (14/11/2019).

Pemasangan jaringan di sambung dari tiang PLN dari Dusun Sarere di dekat jembatan hingga Dusun  Polaga. Mulai kerja 20 Oktober hingga Desember mendirikan dari 242 tiang. “Saat ini tinggal 14 tiang lagi dari jalan trans Matobe-Saumanganya ke pemukiman Dusun Polaga, karena mobil truk angkut tiang tidak dapat melintas ke pemukiman Polaga, jalannnya kecil terpaksa dengan manual atau dengan mobil jenis pick up untuk tarik kabel,” katanya.

Ahmad  menambahkan pemerintah setempat kepala desa, dusun sangat mendukung pemasangan PLN di daerahnya, walaupun ada beberapa pemilik lahan sulit merelakan tanaman seperti durian, kelapa dan lainnya untuk di tebang, tetapi ada juga pemilik lahan rela tanpa ada ganti rugi . “Terus terang kami sebagai kontraktor rekanan PLN tidak ada ganti rugi tanaman atau kayu kepada pemilik, kami bekerja hingga batas kontrak dan jaringan listrik selesai sesuai dengan kelayakannya,” ujarnya.

Untuk pemasangan listrik ke rumah masyarakat yang punya wewenang pihak Biro PLN. “Kami hanya memasang jaringan saja hingga terbit Surat Layak Operasional (SLO ) dari pihak PLN Padang,” katanya .

Lanjut Ahmad, pancangan tiang listrik mengikuti intruksi dari Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake bahwa tiang dipancang diluar badan jalan terutama jalan trans Mentawai. “Jarak dari parit sekira 1-2 meter,” ujarnya.

Selain pemasangan jaringan  PLN di Desa Matobe, tahun ini juga di Kecamatan Pagai Selatan sedang dibangun sepanjang sekira 50 kilometer dari Pinatete- Malakopa dan ke Kinumbuk kontraktor pelaksana ada sekira 5 perusahaan salah satunya PT. Kalvari Jaya Persada.

Informasi  tahun depan tambah Ahmad untuk penerangan PLN terus lanjut ke setiap desa di Mentawai terutama yang ada jalan trans Mentawai dan permukiman warga. 


BACA JUGA