Listrik PLTS di Madobag Rusak Akibat Pemakaian Arus Bebas

Listrik PLTS di Madobag Rusak Akibat Pemakaian Arus Bebas Kondisi Plts di Dusun Madobag yang sudah rusak sejak enam bulan lalu. (Foto Hendrikus/Mentawaikita.com)

MADOBAG-Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat 50 kWP yang dibangun tahun 2016 lalu oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral di Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah tidak hidup selama 6 bulan disebab aki dan kabel rusak.

“Kerusakan ini awalnya sudah disampaikan ke desa dan mereka lagi yang melaporkan Kementrian namun sampai saat ini tidak ada lagi tanggapan, untuk biaya perawatan di desa tidak ada lagi, namun walaupun tidak ada biaya kebersihannya tetap dijaga supaya tidak bersemak," kata Pengurus PLTS Desa Madobag Ilarius Batip, Rabu 13 November 2019. 

PLTS rusak awalnya dari masyarakat karena ada beberapa yang memakai arus bebas sehingga beberapa aki dan kabel rusak dan terbakar, soal sosialisasi di masyarakat tentang pemakaian arus bebas sudah disampaikan namun tidak didengarkan.

Informasi sebenarnya lampu PLTS ini ada garansi selama 3 tahun sejak dibangun pada tahun 2016 namun sampai saat ini belum ada ada serah terimah ke desa, dan perbaikan juga belum ada, setelah rusak tidak diperbaiki lagi akhirnya PLTS tidak berfungsi lagi. “Sedangkan untuk komputer, panel surya, dan beberapa peralatan lainnya masih bagus, dan meteran dimasyarakat masih tetap ada di rumah,” katanya.


BACA JUGA