Besok Pemda Mentawai Umumkan Penerimaan CPNS 2019 dan Formasinya

Besok Pemda Mentawai Umumkan Penerimaan CPNS 2019 dan Formasinya Ujian CPNS beberapa tahun lalu di Mentawai. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Sempat direncanakan pengumuman CPNS pada 15 November mendatang akhirnya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Mentawai, mempercepat pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, pada hari Rabu, (13/11/2019).

"Untuk pengumumannya, itu akan kita lakukan besok hari Rabu 13 November 2019, sengaja kita lakukan itu karena melihat waktu kita juga maka kita putuskan bersama bahwa pengumumannya itu sudah ok," kata Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon Sakerebau, Selasa, (12/11/2019).

Kemudian adapun formasinya yaitu umum dan khusus. Sementara yang umum sudah jelas sedangkan yang khusus peserta yang memiliki keterbatasan atau disabilitas. 

Untuk disabilitas terdiri dari 3 Dokter Umum dan formasi umum antara lain Guru Kelas SD 75 orang, Guru Agama Katolik 1 orang, Guru Bahasa Indonesia 4 orang (SMP), Guru Bahasa Inggris 1 orang, Guru IPA 7 orang, Guru Matematika 9 orang, Dokter Umum 12 orang, Dokter Gigi 1 orang, Penyuluh Kesehatan Masyarakat 1 orang, Ners  5 orang, Bidan 8 orang, Perawat 7 orang, Penyuluh Pertanian 16 orang, Analis Budidaya Perikanan 1 orang, Analis Hukum 1 orang, Penyuluh Pertanian DIII 7 orang, Pranata Teknologi Informatika Komputer 1 orang.

Sedangkan persyaratannya masih seperti tahun lalu, bagi pelamar harus berusia 18 sampai 35 tahun saat malamar, jika lewat satu hari maka peserta dianggap gagal, kemudian seluruh persyaratan harus dalam bentuk scan dan sesuai dengan ukuran yang diminta oleh SSCASN. Bagi pelamar harus mendaftar secara online mulai tanggal 17 sampai 30 November 2019

Pertama KTP (jika tidak memiliki kartu KTP bisadalam bentuk sementara), kemudian surat lamaran (diatas kertas dalam volio di tujukan kepada Bupati Mentawai c/q BKPSDM), Ijazah, transkip nilai, pas photo 4 x 6 (latar merah), Akreditasi BANPT, Surat Keterangan Berbadan  Sehatan (SKBS).

"Keuntungannya tahun ini peserta tidak perlu sibuk untuk mengantar persyaratan secara fisik ke BKPSDM, karena berkas peserta akan langsung diverifikasi oleh verifikator BKPSDM secara online, untuk itu peserta harus benar-benar teliti dalam measukkan data jangan sampai salah, karena jika salah menginput atau memasukan data maka dianggap gagal," kata Kepala Bidang Kepegawaian BKPSDM, Simbetsim Saleleubaja.

Bagi peserta yang lulus administrasi akan mengikuti ujian berikutnya yaitu Seleksi Kompentensi Dasar (SKD) pada Februani 2020, kemudia bagi peserta yang lulus SKD akan mengikuti Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) pada Maret 2020. Sistem ujiannya menggunakan Computer Assist Test (CAT) BKN. 


BACA JUGA