Pelantikan Pimpinan DPRD Mentawai Dipercepat

Pelantikan Pimpinan DPRD Mentawai Dipercepat Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mentawai Saudara Halomoan Pardede. (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai dipercepat menjadi Jumat (25/10/2019) setelah sebelumnya diagendakan pada Senin (28/10) pekan depan.

"Ada perubahan jadwal pelantikan menjadi hari Jumat, (25/10/2019), kembali ke jadwal semula," kata Saudara Halomoan Pardede, Sekwan DPRD Mentawai melalui telepon  pada Rabu (23/10).

Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Barat tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai masa jabatan 2019-2024, sudah ditandatangani Gubernur dan sudah diterima oleh pihak sekretariat, jelas Sekwan.

Tiga unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai pada periode 2019-2024 diperoleh tiga partai yang memperoleh kursi terbanyak pada Pileg 2019 lalu. Partai yang memperoleh kursi terbanyak yakni PDI Perjuangan sebanyak 4 kursi, Partai Nasdem 3 kursi dan Partai Golkar 2 kursi.

Penentuan unsur pimpinan tersebut mengacu pada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang memiliki turunan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018. 

Ketua DPRD kembali dijabat Yosep Sarogdok dari PDI Perjuangan, wakil ketua I dijabat Isar Taileleu dari Partai Nasdem yang memperoleh kursi terbanyak kedua, selanjutnya pada posisi wakil ketua II dari Partai Golongan Karya (Golkar) dijabat oleh Jakop Saguruk.

Nama yang menjabat pada unsur pimpinan DPRD tersebut berdasarkan usulan dari kepengurusan partai masing-masing yang ada di kabupaten/kota, kemudian dilakukan uji kepatutan di tingkat DPD/DPW, lalu diserahkan kepada pengurus partai tingkat pusat (DPP) untuk kemudian diterbitkan SK pengesahan dan penetapan jabatan unsur pimpinan di DPRD.


BACA JUGA