Kemarau, Air PAM Siberut Selatan Tak Mengalir

Kemarau Air PAM Siberut Selatan Tak Mengalir Tangki PAM di Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Sudah 10 bulan warga Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sulit mendapat air bersih karena PAM (Pengelola Air Minum) tak mengalir.

Kepala Dusun Tetesinabak Anjelo Satoko mengatakan, di wilayahnya sudah 10 bulan air tak mengalir sehingga warga harus mencari air ke wilayah Bat Joja. "Sejak musim kemarau ini air tidak lagi keluar, kita tidak tahu ada beberapa daerah di Maileppet airnya dikeluarkan namun untuk Tetesinabak air kosong, kita tidak tahu padahal air untuk semua bukan pribadi,"kata Anjelo kepada Mentawaikita.com selasa,22/oktober.

Dia menyayangkan ada warga yang memasang mesin pompa air di sumur yang dibangun pemerintah di Tetesinabak. “Ini yang kita sayangkan, airnya bersih dan jernih, kalau ada yang memasang mesin pompa warga lain bisa tak mendapat jatah air lagi,” katanya.

Sementara staf lapangan UPTD PAM Siberut Selatan, Lumban Raja mengatakan air tak mengalir karena sungai sebagai sumber air sudah kering. “Baru dua bulan ini air kosong, sebelumnya ada keluar sedikit,” katanya.

"Jadi tidak keluarnya air bukan kita kunci namun karena memang air tidak ada lagi sejak musim kemarau ini, kalau ada air kita akan buka krannya namun ini airnya yang tidak lagi mengalir lagi. Sungai dimana air ini diambil cepat kering sebab di gunung sudah banyak perladangan yang kayunya ditebang," kata Lumban.

BACA JUGA