Gempa Beruntun Mentawai, Warga Mapaddegat Sempat Keluar Rumah  

Gempa Beruntun Mentawai Warga Mapaddegat Sempat Keluar Rumah   Kondisi pemukiman warga di Dusun Mapaddegat masih kondusif. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-- Dua gempa yang mengguncang Mentawai pagi tadi 06.50 dan pukul 07.03 WIB pagi tadi di Mentawai membuat Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat membuat sebagian warganya panik.

"Saya terkejut suami panggil-panggil, mama. Saya sama anak masih tidur, suami saya sudah bangun duluan, karena anak belum bnagun jadi saya temani anak dulu, tiba-tiba gempa, suami sudah panggil-panggil jadi saya terkejut, terasa gempanya karena suami panggil saja saya kayak sok gitu," kata Anti salah seorang warga Mapaddegat, Selasa (22/10/2019)

Ia menyebutkan ada beberapa warga yang sempat keluar rumah untuk antisipasi, apakah nanti ada gempa susulan atau tidak, apakah berpotensi atau tidak. "Jadi ada juga sih warga yang sempat keluar rumah, yang lain entah tahu atau tidak," ujarnya.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 06.49 WIB itu tercatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan lokasi pusat gempa berada pada 2.47 LS dan 99.65 BT atau sekitar 49 km tenggara Tuapeijat Kepulauan Mentawai. Episenter berada pada kedalaman 18 kilometer dan gempa tidak berpotensi tsunami. 

Beberapa menit kemudian gempa kedua terjadi pada pukul 07.03 WIB dengan magnitude 5,0 berlokasi 2.47 Lintang Selatan dan 99.64 Bujur Timur dengan kedalam 22 kilometer. Gempa ini terjadi 49 kilometer. Gempa kedua ini juga tidak berpotensi tsunami

Sementara Kepala Desa Tuapeijat, Pusuibiat mengatakan bahwa untuk wilayah Dusun Mapaddegat dan Dusun Jati masih kondusif. "Gempanya terasa, untung tidak terlalu lama hanya beberapa detik saja. Kita juga sudah menggerakkan ASB yang bertugas di Mapaddegat untuk melakukan pemantauan, rencana juga kita bersama Kepala Dusun Mapaddegat dan Jati untuk memberikan himbauan kepada warga kita, tapi masih amanlah," katanya. (Suntoro)


BACA JUGA