Pembangunan SDN 17 Simatalu Sudah Sesuai RAB

Pembangunan SDN 17 Simatalu Sudah Sesuai RAB Plang pembangunan RKB SDN 17 Simatalu Filial Limu, Desa Simatalu, Siberut Barat

SIKABALUAN-Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN 17 Simatalu Filial Limu Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat yang dinilai masyarakat asal jadi dibantah direktur CV. Achbil Rua Silainge, Alijar selaku pemegang tender. 

"Tidak betul kalau masyarakat mengatakan pembangunan kita asal jadi. Kita sudah bekerja sesuai juknis atai RAB yang ada, " katanya pada Mentawaikita.com, Jumat (8/10/2019).

Lebihlanjut dikatakan Alijar, untuk cor dasar bangunan didalam RAB memang tidak menggunakan batu seperti yang diprotes masyarakat.  "Lokasi sudah kuat karena dasarnya bukit. Apalagi di dalam RAB tidak ada memakai batu untuk dasar pengecoran. Berbeda halnya kalau lokasi rawa maka akan kita pasang batu sebelum pengecoran lantai, " katanya. 

Berita Terkait:

Warga Kritik Pembangunan SDN 17 Simatalu yang Dinilai Asal Jadi

Dikatakan Alijar, meski pembangunan sudah selesai pihaknya masih memiliki tanggungjawab pemeliharaan bangunan selama tiga bulan. Dan pihaknya siap untuk melakukan perbaikan ketika ada yang rusak atau tidak sesuai saat FHO. 

"Kita memiliki tanggungjawab dan itikad baik dalam pembangunan. Bukti niat baik kita dimana untuk pelaksanaan pembangunan material kita suplay satu kali agar pembangunan tidak terkendala, " katanya. 

Dalam pelaksanaan pembangunan, dikatakan Alijar mestinya lokasi tempat pelaksanaan pembangunan sudah aman pada pemilil lahan atau dari masyarakat. Namun dalam pelaksanaan awal pemilik lahan meminta ganti rugi kepada pemborong Rp15 juta atau satu unit mesin sinso. 

"Setelah kita lakukan negosiasi akhirnya kita membayar Rp4 juta tambah Rp1 juta lagi biaya pembuatan sumur galian mereka. Kita harus selesaikan karena kita sudah terkontrak, " katanya. 

Terkait soal utang-piutang, dikatakan Alijar saat ini sudah tidak ada baik upah tukang, langsir bahan dan biaya di lapangan lainnya karena sudah dibayarkan pada petugas dilapangan. "Tinggal biaya sewa rumah Rp1,5 juta dan akan kita bayarkan secepatnya sebelum FHO atau saat FHO, " katanya. 

Sesuai dengan kontrak kerja, pembangunan RKB SDN 17 Simatalu filial Limu akan berakhir pada 10 November 2019 dimana telah dimulai sejak 10 Juli 2019 atau 120 hari kalender dengan anggaran Rp758.954.900 yang bersumber dari APBD Mentawai 2019. Dan , dalam pengawalan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Mentawai. 


BACA JUGA