Pemda Mentawai Akan Jadikan Katiet Sebagai Wisata Kelas Dunia

Pemda Mentawai Akan Jadikan Katiet Sebagai Wisata Kelas Dunia Bupati Kepulauan Mentawai saat meninjau lokasi pembangunan Wisata di Desa Katiet, Sipora Selatan. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Mentawai berencana Desa Katiet, Kecamatan Sipora Selatan dijadikan sebagai desa kawasan wisata Mentawai. Rencana itu terungkap saat Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet bersama rombongan langsung meninjau lokasi pembangunan tersebut, pada Kamis, (17/10/2019).

"Saya berharap, masyarakat setempat bisa menerima adanya rencana Pemerintah ke depan untuk menjadikan Desa Katiet sebagai Desa Wisata kelas Dunia, yang pastinya untuk kemajuan Mentawai, perencanaan sudah matang, tinggal menunggu pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan," kata Yudas.

Rencana pembangunan Desa Wisata Katiet Tersebut akan membutuhkan lahan sekira 200 hektar, dan masyarakat sudah membuat komitmen untuk lokasi pembangunannya.

"Perencanaan (Master Plan) pembangunan ekowisata dalam konsep budaya sudah kita selesaikan dengan konsultan terkait, dan sudah dipresentasikan tiga kali, dan tahun depan satu persatu pembangunan akan mengarah di daerah tersebut, dan ini membutuhkan lahan sekitar 200 hektar," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Naslindo Sirait.

Sementara anggaran pembangunan pariwisata tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau pusat, lembaga-lembaga, pihak swasta, termasuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bahkan Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) ikut terlibat.

"Kita terkenal dengan wisata baharinya, jadi itu yang terus kita kembangkan ke depannya, pelaku-pelaku ekonomi di Mentawai harus dikembangkan, masyarakat harus mengambil bagian, selama ini kita selalu jadi penonton, saatnya kita bergerak melakukan pengembangan kawasan wisata, yang kita kelola sendiri," ujar Naslindo.

Lebih lanjut sampaikan, perencanaan pembangunan pariwisata di Katiet sudah matang, dan tinggal menunggu kelanjutan pembangunan tahun depan. Ia juga berharap pembangunnya bisa berjalan dengan baik.

"Harapan kita kedepannya, rencana pembangunan akan berjalan dengan baik, serta dukungan dari masyarakat setempat," katanya. 

BACA JUGA