Masih Menyala, Warga Puro Padamkan Api Kebakaran Lahan Manual

Masih Menyala Warga Puro Padamkan Api Kebakaran Lahan Manual Warga Dusun Puro Kecamatan Siberut Selatan bahu membahu memadamkan api secara manual yang membakar perladangan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

PURO-Api yang membakar lahan di Puro Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai masih menyala setelah terbakar sejak beberapa hari lalu.

Kepala Dusun Puro Heronimus mengatakan, saat ini warga bersama-sama berupaya memadamkan api manual agar tidak semakin meluas ke perkebunan sagu. "Pemadaman kami lakukan dengan cara manual dengan membawa tanki semprot dan air dengan jeriken, selain itu juga kami membuat pembatas atau parit agar api tak menyebar, “ kata Heron, Jumat (18/10/2019).

Selama empat hari ini, api telah membakar perladangan warga di Puro dan api makin meluas hingga hampir mendekati perladangan sagu warga.

“Sebagian sagu sudah terbakar, yang kita takutkan sagu semua di seberang pemukiman Puro ini mengenai atap rumah warga dan kebakaran lagi,” katanya menambahkan.

Martis, salah seorang warga mengatakan, dia membawa tanki semprot dan ember berisi air untuk membantu menyiram api. “Ada sekitar empat titik api yang parah yang harus dijaga agar tidak menyebar, selain itu juga kami membuat bandar kecil untuk membatasi api ketika menjalar, dan itu pun tidak menjadi harapan sebab ketika api membesar akan naik ke atas dan meloncat dari bandar yang kami buat,” katanya.

BACA JUGA