Warga Mentawai Panen Lokan Saat Kemarau

Warga Mentawai Panen Lokan Saat Kemarau Lokan yang berhasil dikumpulkan seorang warga Mentawai (Foto : Hendrikus/MentawaiKita.com)

MUNTEI-Sungai yang dangkal akibat kemarau yang terjadi sekira 3 bulan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dimanfaatkan warga untuk mencari lokan di sungai.

Sinta, salah seorang warga pencari lokan dari Dusun Puro, Desa Muara Siberut, mengatakan  sungai yang dangkal mempermudah warga mencari lokan di sungai sepanjang Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai.

Sinta menyebutkan tiap hari mampu mengumpulkan lokan sebanyak 3-4 ember. Warga yang mencari lokan biasanya kelompok ibu-ibu yang terdiri dari 4-5 orang. Mereka menggunakan sampan menuju titik pencarian lokan. 

Lokan tersebut dengan cara di selam di dasar sungai, kadang jika air sungai tidak dalam cukup mencari dengan menggunakan kaki. Saat terasa ganjalan lokan baru mereka menyelam.

Meski terlihat gampang, kata Sinta, mencari lokan bukanlah perkara gampang sebab saat menyelam kadang menimbulkan rasa sakit di telinga akibat tekanan air. 

Lokan yang didapat selain untuk dikonsumsi di rumah sebagian lagi dijual. “Satu ember menengah akan dijual seharga Rp25 ribu, di sini banyak juga yang membeli namun tidak setiap hari, dalam sehari bisa menghasilkan Rp25 ribu-Rp50 ribu. Ini sudah lumayan membantu kebutuhan memasak, dan kebutuhan lainnya, walaupun ada lokan kami juga tetap membeli ikan juga," kata Sinta kepada Mentawaikita.com, Selasa, (8/10/2019).

Selain Sinta, ada juga Ferina, warga lain yang turut mencari lokan di Muntei. Musim kemarau mempermudah dirinya mencari lokan sebab kedalam sungai sekitar 1 meter.

"Setiap rumah hampir ada lokan karena pada musim ini yang mencari lokan tidak hanya ibu-ibu tetapi juga anak-anak kecil juga ikut mencari karena dangkalnya sungai," kata Ferina. 


BACA JUGA