Musim Kemarau, Warga Sibuddaoinan Tak Kekurangan Air

Musim Kemarau Warga Sibuddaoinan Tak Kekurangan Air Warga Desa Saibi Samukop, Siberut Tengah, Mentawai mengangkut air bersih menggunakan gerobak karena sumur yang kering. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Meskipun kemarau panjang terjadi di Mentawai, warga Dusun Sibuddaoinan Desa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai tak kekurangan air. Kebutuhan air bersih 24 kepala keluarga warganya tercukupi dari sumur pribadi maupun sumur yang beradadi bibir pantai.

"Sampai saat ini Puji Tuhan kami belum kekeringan dan kekurangan air, setiap sumur masih ada airnya dan bahkan air kami bersih tanpa disaring, apalagi sumur kami di tepi pantai itu tidak pernah kering hingga sekarang," ujar Kepala Dusun Sibuddaoinan Linus Sanenek kepada Mentawaikita.com, Selasa (8/10/2019).

Linus menyebutkan, sumur masing-masing warga rata-rata hanya kedalaman 1-2 meter digali air selalu ada dan tak pernah kering, meski di musim kemarau. "Kita tidak tahu juga kenapa di daerah kita ini digali sumurnya selalu ada air, mungkin sesuai namanya Sibuddaoinan," ucapnya.

Dijelaskan Linus, karena kekurangan air, warga yang berada di Saibi Samukop juga datang ke Sibuddaoinan untuk mandi maupun mencari air bersih.

Tahun sebelumnya, pernah terjadi kemarau panjang cukup lama namun Sibuddaoinan tak pernah kekeringan air. "Jangankan kamarau panjang terjadi, di sumur tepi pantai itu saja pernah dipakai airnya untuk kebutuhan pengolahan pabrik sagu, tapi airnya tak pernah habis dan kering dan inilah kelebihan di Sibuddaoinan soal air, tak tahu juga nanti ke depannya,"  ujarnya..

BACA JUGA