Suku Sagaragara Petakan Tanah Adatnya di Simatalu

Suku Sagaragara Petakan Tanah Adatnya di Simatalu Ilustrasi, Suku Sirirui di Sotboyak saat melakukan pemetaan (Foto Bambang/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Suku Sagaragara di Desa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai memetakan tanah adatnya agar jelas secara administrasi dan keberadaaannya diakui pemerintah.

Sikebbukat suku,  Bilmar Sagaragara mengatakan pemetaan tanah adat ini dilakukan untuk dapat diakui secara hukum sebagai tanah adat atau ulayat oleh pemerintah,"disamping itu juga statusnya jelas milik kami suku,dan terhindar dari plot pihak-pihak perusahaan,"ujarnya pada Mentawaikita.com, Selasa (17/9/2019).

Tanah adat Suku Sagaragara yang dipetakan tersebut, berada di Desa Simatalu Siberut barat, di Bat Bulu dan Kalelebak. "Memang di samping-samping aliran sungai ada sebagian yang sudah digunakan tinungglu (kebun campur) warga setempat dan selebihnya jangkauannya masih jauh dan alami,"ucapnya.

Salah satu anggota suku, Lian Setiar Sagaragara mengatakan pemetaan tanah adat ini dibantu atau bekerja sama dengan Yayasan Citra Mandiri Mentawai. "Kemarin kita yang minta pihak YCMM untuk mendampingi,memfasilitasi kita di lapangan karena kalau kita di suku saja mungkin tidak bisa terlaksana prosesnya,"ujarnya.

BACA JUGA